Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tahun Stagnan, Bisnis PC Mulai Tumbuh

Kompas.com - 14/07/2018, 13:12 WIB
Yudha Pratomo,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber bgr

KOMPAS.com - Tak bisa dipungkiri, kehadiran smartphone membuat bisnis dan industri teknologi berubah total. Dengan ukuran yang lebih ringkas dan memiliki kemampuan serupa komputer, penjualan smartphone terus merangkak naik, sedangkan komputer terjun bebas. 

Namun jika Anda mengira ini adalah akhir dari industri penjualan komputer, Anda salah. Pasalnya pada kuartal II-2018 ini, industri perangkat komputer mulai menunjukkan tren positif.

Lembaga riset Gartner baru saja merilis laporan tentang jumlah pengapalan komputer secara global untuk kuartal kedua tahun ini. Dari laporan ini, diketahui ada sebanyak 62,1 juta perangkat komputer yang dikapalkan.

Angka ini meningkat sebanyak 1,4 persen dibanding periode yang sama pada tahun lalu. Persentase ini boleh dibilang cukup besar, karena ini pertama kalinya penjualan perangkat komputer kembali mengalami peningkatan, setelah stagnan sejak 6 tahun lalu.

Baca juga: Awal 2018, Pasar PC Stagnan dengan HP Jadi Pemimpin

Dikutip KompasTekno dari BGR, Minggu (14/7/2018), analis Gartner, Mikako Kitagawa menilai kondisi ini terjadi karena adanya peningkatan di pasar bisnis, sedangkan segmen konsumen mengalami penurunan.

Kendati demikian, Mikako menilai kondisi ini tak akan bertahan lama karena kebanyakan pengguna lebih memilih memiliki smartphone ketimbang PC.

“Konsumen menggunakan ponsel pintar mereka untuk melakukan aktivitas dan tugas yang lebih banyak setiap hari. Seperti memeriksa media sosial, kalender, kegiatan perbankan, dan belanja. Inilah yang mengurangi kebutuhan akan perangkat komputer," ungkap Mikako.

Selain Gartner, firma analis pasar IDC juga menemukan kondisi serupa. Pada kuartal kedua IDC mencatat ada peningkatan sebanyak 2,7 persen, lebih besar dari data yang dirilis Gartner.

Menurut IDC, selain besarnya permintaan dari segmen pasar bisnis, segmen pengguna PC Gaming juga turut mendorong angka peningkatan ini.

Berdasarkan data dari IDC, vendor ternama seperti HP, Lenovo, Dell, Acer bahkan hingga Apple seluruhnya mengalami peningkatan. Namun seperti yang disebutkan sebelumnya, peningkatan ini diramal tak akan berlangsung terlalu lama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber bgr
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com