Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seri Kamera Mirrorless Nikon 1 Dipensiunkan

Kompas.com - 14/07/2018, 15:05 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber PetaPixel

KOMPAS.com - Nikon dikabarkan telah membunuh lini produk kamera mirrorless NIkon 1 yang telah diproduksinya sejak 2011 silam, dan diperkirakan bakal menggantinya dengan lini produk baru.

Hingga saat ini, lini produk kamera mirrorless itu sama sekali belum diperbaharui. Terakhir kali Nikon melakukan pembaruan adalah pada 2015, atau tiga tahun yang lalu, ketika merilis tipe J5.

Lalu, sebagaimana dilansir KompasTekno dari Peta Pixel, Sabtu (14/7/2018), sekarang situs resmi Nikon telah memasukkan seluruh lini kamera mirrorless tersebut dalam kategori discontinued atau berhenti diproduksinya.

Lebih rincinya, tipe yang sudah dihentikan produksinya adalah Nikon 1 J5, J4, J3, J2, J1, S2, S1, V3, V2, V1 dan AW1.

Salah satu hal yang diperkirakan sebagai penyebab matinya kamera mirrorless Nikon 1 adalah keputusan untuk menempatkan sensor gambar berukuran 13,2 x 8,8 milimeter. Ukuran itu sangat kecil, sementara kebanyakan kamera pesaing memakai ukuran sensor yang lebih besar.

Baca juga: 2 Mirrorless Full Frame Baru Nikon Meluncur Bulan Ini

Misalnya saja Sony yang terus mendorong timnya untuk mengembangkan spesifikasi dan fitur kamera mirrorless full-frame, hingga menjadi batas baru dalam pengembangan kemampuan kamera di industri mirrorless.

Nikon sendiri saat ini diketahui sedang menyiapkan dua kamera mirrorless baru yang diperkirakan memakai sensor full frame. Waktu peluncuran kedua kamera tersebut masih belum diketahui dengan pasti, tapi bisa dipastikan bahwa saat meluncur nanti tidak akan memakai nama “Nikon 1”.

Desas-desus yang terakhir beredar menyebutkan ada kemungkinan Nikon bakal memperlihatkan kedua mirrorless full frame terbarunya pada akhir Juli 2018.

Sebelumnya, spekulasi mengenai penghentian produksi Nikon 1 sebenarnya sudah muncul sejak 2016. Pemicunya adalah kegagalan Nikon untuk mememercik minat pasar terhadap lini produk tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber PetaPixel
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com