Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bakal Sering Naik-Turun, Seandal Apa Kamera Geser Oppo Find X?

Kompas.com - 19/07/2018, 12:26 WIB
Oik Yusuf,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dibandingkan smartphone flagship lain yang beredar di pasaran saat ini, Oppo Find X memiliki keunikan kamera tersembunyi berjuluk “Stealth 3D Camera”. Kamera ini bisa disimpan di dalam bodi perangkat dengan mekanisme geser (slider).

Walhasil, tak ada poni yang menjorok di layar sebagai "rumah" kamera depan, sehingga layarnya yang selebar 6,4 inci pun bisa memenuhi tampilan depan secara penuh, dengan rasio 93,8 persen berbanding bodi.

Sebuah micro motor digunakan untuk menyembulkan modul kamera ke atas saat digunakan, lalu menariknya kembali ke dalam bodi smartphone ketika tidak dipakai. Di samping micro motor, ada pula sejumlah komponen mekanik lain, seperti rel pemandu yang diperlukan untuk menjalankan mekanisme ini.

Hal tersebut tentu menimbulkan kekhawatiran mengenai daya tahan fisik sang modul kamera geser, karena layaknya di perangkat apa pun, komponen mekanik yang bergerak lambat laun pasti akan mengalami keausan. Terlebih jika ada faktor eksternal seperti benturan atau kesalahan pemakaian.

Pertanyaan mengenai keandaalan kamera geser Oppo Find X pun banyak mengemuka saat acara peluncuran Oppo Find X di Jakarta, Rabu (18/7/2018) kemarin.

Baca juga: Resmi Masuk Indonesia, Ini Harga Oppo Find X di Indonesia

Minimal 300.000 kali

Berdasarkan keterangan dari pihak Oppo, modul kamera geser Find X telah diuji secara intensif dan dipastikan mampu melakukan setidaknya 300.000 kali gerakan naik-turun.

Marketing Planning Manager Oppo Indonesia, Suwanto mengatakan bahwa angka itu setara dengan mekanisme geser pada kamera Find X yang beroperasi selama empat tahun.

“Ini adalah rating minimal ketahanan penggunaan, bukan maksimal. Bisa jadi lebih dari itu,” ujar Suwanto ketika memberi penjelasan soal cara kerja kamera geser Oppo Find X di panggung acara peluncuran.

Kamera Oppo Find X dalam keadaan tertutup (kanan) dan terbuka. Punggung transparan pada unit demo ini memperlihatkan mekanisme kerjanya. Di bagian tengah ada micro motor yang berfungsi mendorong dan menarik modul kamera. Sementara di sisi kiri dan kanan ada rel pemandu. KOMPAS.com/ OIK YUSUF Kamera Oppo Find X dalam keadaan tertutup (kanan) dan terbuka. Punggung transparan pada unit demo ini memperlihatkan mekanisme kerjanya. Di bagian tengah ada micro motor yang berfungsi mendorong dan menarik modul kamera. Sementara di sisi kiri dan kanan ada rel pemandu.

Gerak naik-turun modul kamera Find X, menurut Suwanto, tidak akan memboroskan baterai perangkat. Dia mengklaim bahwa baterai perangkat hanya terpakai 2 persen untuk melakukan 200 kali buka-tutup modul kamera.

Ditambahkan oleh Suwanto, modul kamera Find X dilapisi kaca anti gores Gorilla Glass 5 di sisi depan dan belakang untuk melindungi aneka macam kamera yang tersimpan di modul tersebut. Meski terkesan simple, Oppo memang menanamkan aneka komponen di Stealth 3D Camera.

Baca juga: Oppo Siapkan Bonus Khusus untuk Pemesan Awal Find X

Di sisi belakang, ada sepasang kamera ganda, masing-masing dengan resolusi 16 megapiksel (lensa f/2.0) dan 20 megapiksel (lensa f/2.0). Lalu, di bagian depan terdapat kamera selfie dengan resolusi 25 megapiksel (lensa f/2.0).

Pengenal wajah

Bagian depan modul kamera geser Find X sebenarnya lebih rumit dari yang terlihat secara kasar mata.

Sebuah situs China pada awal bulan ini pernah membongkar kamera Oppo Find X. Hasilnya ditemukan bahwa sisi depan modul kamera turut memuat komponen-komponen lain, yakni proyektor, fill light, dan kamera infra merah.

Halaman:
Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com