Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bakal Setangguh Apa Gorilla Glass 6?

Kompas.com - 19/07/2018, 19:04 WIB
Fatimah Kartini Bohang,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dalam satu tahun, pengguna smartphone rata-rata menjatuhkan perangkatnya dari ketinggian 1 meter sebanyak 4 kali. Setidaknya begitu menurut survey dari firma Toluna.

Produsen kaca pelindung smartphone, Corning, ingin memastikan kelalaian pengguna itu tak mendatangkan kerugian. Visi tersebut semakin jelas pada Corning Gorilla Glass 6 yang diklaim lebih tangguh dua kali lipat ketimbang pendahulunya.

Dalam video YouTube teranyarnya, Corning menunjukkan bahwa Gorilla Glass 6 mampu melindungi smartphone yang jatuh dari ketinggian 1 meter sebanyak 15 kali berturut-turut.

Landasan jatuhnya pun bukan rerumputan atau karpet, melainkan permukaan kasar yang terbuat dari semen. Dalam kondisi normal, smartphone akan hancur lebur jika satu kali saja dijatuhkan dari ketinggian 1 meter di permukaan seperti itu.


Menurut Vice President dan General Manager Corning Gorilla Glass, John Bayne, risiko menjatuhkan smartphone akan semakin sering di masa depan. Pasalnya, masyarakat semakin terikat dan tak bisa melepas smartphone dari genggamannya.

Baca juga: Pembuat Gorilla Glass Tak Terima Galaxy Note 7 Dibilang Gampang Tergores

“(Karena itu) Gorilla Glass 6 memiliki ketangguhan yang meningkat dari Gorilla Glass 5 dari sisi ketinggian jatuhnya, dan yang lebih penting bisa tahan jatuh berkali-kali,” ia menuturkan, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Kamis (19/7/2018), dari Phone Arena.

Ia melanjutkan, Gorilla Glass 6 bisa disematkan pada smartphone dengan desain futuristik yang menggunakan 85 persen material kaca. Bagian punggung dan depannya bisa terlindungi sepenuhnya.

Saat ini Gorilla Glass 6 masih dalam tahap pengujian oleh beberapa manufaktur smartphone. Belum jelas kapan tanggal perilisan resminya, tetapi digadang-gadang dalam beberapa bulan ke depan. Kita tunggu saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com