Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Foto-foto Keren yang Jadi Juara iPhone Photography Awards

Kompas.com - 20/07/2018, 08:41 WIB
Yudha Pratomo,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tak bisa dipungkiri kamera milik iPhone adalah salah satu yang terbaik. Tak sedikit fotografer yang mulai menggunakan perangkat ini untuk keperluan pengambilan gambar.

Apple menyadari betul akan hal ini. Untuk itu, Apple setiap tahunnya memberi penghargaan tertinggi bidang fotografi bagi pengguna iPhone.

Tahun ini, ribuan fotografer yang berasal dari 140 negara mengirim karya mereka untuk ikut serta dalam memperebutkan penghargaan fotografi tahunan dari Apple. Kali ini ajang iPhone Photography Award (IPPAWARD) ke-11 telah memiliki pemenangnya.

Ajang tahunan ini telah diselenggarakan sejak pertama kali iPhone diperkenalkan pada publik. Dalam ajang ini, peserta hanya diperkenankan mengambil gambar menggunakan iPhone maupun iPad dan foto tersebut belum diunggah di media sosial.

Selain itu, software pengolah gambar yang diperbolehkan dalam ajang ini hanya software bawaan dari iOS, bukan software lain semisal Photoshop.

Tahun 2018 ini peringkat pertama sebagai foto terfavorit ditempati oleh Alexandre Weber dari Swiss. Ia mengambil gambar seorang wanita asal Brasil dengan menggunakan iPhone 6s.

Pada peringkat kedua ditempati fotografer asal China lewat karyanya yang berjudul Eye to Eye. Peringkat ketiga ditempati oleh Zarni Myo Win yang mengambil gambar seorang anak difabel yang tengah bermain sepak bola dengan anak lainnya.

"Para pengguna iPhone sangat piawai dalam melakukan storytelling lewat sebuah gambar. Foto-foto tahun ini secara teknis sangat impresif dan banyak yang sangat personal," ungkap Kenan Aktulun, penggagas IPPAWARDS, seperti dikutip KompasTekno dari Digital Trends, Jumat (20/7/2018).

Baca juga: Ini Daftar 10 Ponsel Terlaris Sepanjang Masa

Selain tiga besar foto terfavorit, Apple juga memberikan penghargaan iPhone Photographer of The Year yang jatuh pada Jashim Salam dari Bangladesh lewat foto berjudul "Displaced" (terlantar).

Pemenang iPhone Photography AwardsJashim Salam/IPPAWARDS Pemenang iPhone Photography Awards
Foto yang diambil menggunakan iPhone 7 ini menunjukkan para pengungsi tengah menonton pertunjukkan film di posko kesehatan di Ukhiya.

Kemudian ada juga beberapa 18 kategori lainnya yang dinilai oleh dewan juri. Seluruh foto pemenang dari masing-masing kategori bisa Anda lihat lewat tautan berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com