Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fungsi Baru Stylus Galaxy Note 9 Terungkap, Apa Saja?

Kompas.com - 23/07/2018, 09:11 WIB
Fatimah Kartini Bohang,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Samsung Galaxy Note 9 digadang-gadang bakal membawa perubahan signifikan pada pena digital S Pen. Menurut bocoran yang beredar, S Pen kali ini bakal disematkan Bluetooth dan memerlukan baterai.

Adapun fungsi dari S Pen dengan Bluetooth tersebut baru saja bocor gara-gara pembaruan firmware Galaxy Tab S4. Berikut beberapa fungsinya, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Senin (23/7/2018), dari XDA-Developers.

Pertama, mengontrol musik. Pengguna dikatakan bisa menekan tombol pada S Pen untuk memainkan (play), menyela (pause), atau melewati (skip) lagu di pemutar musik.

Kedua, menjepret kamera. Pengguna tak perlu lagi menyetel timer dan menunggu hingga beberapa detik untuk foto dari jarak tertentu. S Pen bisa menjadi shutter kamera.

Ketiga, membuka dan mengunci smartphone. Pengguna bisa membuka ponsel secara remote dengan S Pen, tanpa harus menyentuh layar.

Keempat, tombol S Pen untuk aplikasi lain. Belum terungkap aplikasi apa saja yang bakal terintegrasi dengan S Pen. Akan tetapi, agaknya Galaxy Note 9 bakal menyatukan fungsi pena digital tersebut dengan beberapa aplikasi bawaan.

Kelima, membuka aplikasi dan fitur S Pen. Pengguna bisa memencet dan menahan tombol S Pen untuk membuka aplikasi apa saja atau fitur pada S Pen.

Keenam, mengatur perintah pada tombol S Pen. Pengguna bisa menyetel sendiri seperti apa perintah jika menekan tombol S Pen satu kali dan dua kali.

Berbagai bocoran ini hanya bersumbu pada bocoran pembaruan firmware Galaxy Tab S4. Asumsinya akan sama dengan Galaxy Note 9, sebab sama-sama berjalan pada sistem operasi Android Oreo 8.1.

Benar atau tidaknya, kita tunggu saja hingga Galaxy Note 9 benar-benar dirilis pada 9 Agustus 2018 di New York, Amerika Serikat.

Baca juga: Bos Samsung Tertangkap Kamera Pakai Galaxy Note 9?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com