Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Docs Akhirnya Punya Fitur Pengoreksi Tulisan

Kompas.com - 26/07/2018, 10:26 WIB
Oik Yusuf,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber TechCrunch

KOMPAS.com - Meski praktis, aplikasi word processor berbasis cloud, Google Docs, tak memiliki fungsi koreksi tatabahasa (grammar). Fitur yang lama ditunggu tersebut akhirnya resmi hadir di Docs dan diumumkan oleh Google pekan ini.

Fitur grammar suggestions awalnya akan diterapkan di akun bisnis G-Suite, sebelum diperluas ke semua pengguna Google Docs menjelang akhir 2018.

Fitur pengecekan tatabahasa sebenarnya sudah lama tersedia di program word processor konvensional, misalnya suite software Office besutan Microsoft. Namun implementasi Google di Docs agak berbeda karena seluruhnya mengandalkan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence, AI).

“Kami mengadopsi pendekatan koreksi tatabahasa yang sangat efektif, dengan basis machine translation,” ujar VP Google untuk G Suite, David Thacker, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari TechCrunch, Kamis (26/7/2018).

Pengecekan grammar di Google Docs ini berlaku untuk bahasa Inggris. Cara menggunakannya ada dua. Pertama adalah dengan mengaktifkan saran grammar otomatis ketika mengetik. Saat Docs mendeteksi kesalahan tatabahasa, sebuah garis bawah warna biru akan ditambahkan di kalimat yang bermasalah.

Ilustrasi fitur grammar suggestion berbasis AI di Google Docs. Google Ilustrasi fitur grammar suggestion berbasis AI di Google Docs.

“Anda kemudian bisa melakukan klik kanan untuk melihat anjuran kalimat perbaikan, atau mengabaikannya saja,” tulis Google dalam sebuah posting blog.

Cara kedua adalah dengan menjalankan fungsi “spelling and grammar check” dari menu tools di Docs. Kesalahan pengejaan dan tatabahasa di keseluruhan tulisan akan ditandai.

Lantaran berbasis AI yang bisa terus “belajar”, Google mengklaim kemampuan pengecek tatabahasa besutannya akan terus meningkat apabila sering dipakai.

Selain Docs, Google belakangan turut menerapkan kecerdasan buatan besutannya di layanan-layanan lain. Layanan Gmail, misalnya, kebagian fitur Smart Reply dan Smart Compose berbasis AI yang bisa menulis e-mail balasan secara otomatis.

Baca juga: Resmi, Gmail Hadir dengan Wajah Baru yang Lebih Berwarna

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber TechCrunch
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com