Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Upaya Facebook Agar Diterima di China

Kompas.com - 26/07/2018, 17:42 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber BBC,CNBC

KOMPAS.com - Bisa dibilang, China adalah negara yang "seksi" di mata perusahaan media sosial seperti Facebook. Pasalnya, China adalah pasar media sosial terbesar di dunia, namun akses situs-situs asing terutama situs barat sangat sulit ditembus karena kebijakan Great Firewall.

Sederet media sosial asing telah menjadi korban seperti Twitter, Line, YouTube, dan Facebook. Sepertinya, Facebook masih penasaran dan mencari cara untuk menembus "tembok besar" China.

Salah satu upayanya adalah mencoba mendirikan anak perusahaan berupa laboratorium pusat inovasi untuk mendukung para pengembang, inovator, dan startup di China.

"Kami tertarik untuk membangun pusat inovasi di Zhejiang untuk mendukung para pengembang, inovator dan startup di China," jelas perwakilan Facebook, Julia Boorstin.

Jika terwujud, kantor tersebut menjadi bukti fisik formal pertama keberadaan Facebook di negeri tirai bambu. Facebook mengatakan jika pusat inovasi yang akan dibangun di China sama dengan yang telah ada di Perancis, Brasil, India, dan Korea Selatan.

"Upaya kami akan fokus pada pelatihan dan loka karya yang akan membantu para pengembang dan pengusaha agar terus berinovasi dan berkembang," jelas Facebook seperti KompasTekno kutip dari BBC, Kamis (26/7/2018).

Sempat diwartakan oleh Reuters dan New York Times, pusat inovasi tersebut telah terdaftar dengan dana investasi sebesar 30 juta pound sterling (sekitar Rp 572 miliar). Pengajuan terdaftar sebagai Facebook Hongkong Ltd dan tidak ada pemegang saham lainnya.

Pusat inovasi Facebook terdaftar di Kota Hangzou yang menjadi markas Alibaba Group. Kabar itu didapatkan dari China National Eterprise Credit Information sebelum akhirnya mereka mencabut informasi tersebut.

Pendekatan Facebook ke China telah lama dilakukan. CEO sekaligus pendiri Facebook, Mark Zuckerberg pun mencoba merayu pemerintah China agar melunak, termasuk mempelajari bahasa Mandarin. Sayangnya, usaha Zuckerberg mendekati China seringkali bertepuk sebelah tangan.

"Kami telah lama tidak melakukan apa-apa di China," ujar Zuckerberg dalam sebuah wawancara.

Baca juga: Facebook Diam-diam Menyusup ke China Lewat Aplikasi Lain?

Pusat inovasi tersebut akan menjadi awal baru bagi Facebook di China setelah diblokir tahun 2009, disusul WhatsApp yang diblokir tahun 2017 lalu. Tahun 2013, Facebook mulai bisa diakses kembali di Kota Shanghai yang menjadi zona perdagangan bebas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BBC,CNBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com