Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mirip WhatsApp, LinkedIn Kini Bisa Kirim Pesan Suara

Kompas.com - 28/07/2018, 10:12 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber MASHABLE

KOMPAS.com - Platform pencari kerja dan kontak bisnis, LinkedIn, belakangan menjadi makin mirip dengan WhatsApp. Setelah menambah tiga fitur di pesan singkatnya, kali ini ada tambahan fitur baru yang sudah ada sebelumnya di WhatsApp.

Fitur tersebut adalah voice message alias pesan suara yang mirip dengan fitur voice note. Dalam pengumumannya, LinkedIn mengatakan bahwa fitur ini ditujukan untuk mempermudah percakapan dan mempercepat respon dalam pesan instan LinkedIn yang sebelumnya hanya mendukung pesan teks.

Fitur pesan suara di LinkedInLinkedIn Fitur pesan suara di LinkedIn

Cara menggunakannya pun serupa dengan fitur voice note di WhatsApp sebelum diperbarui.

Baca juga: Diperbarui, LinkedIn Jadi Mirip WhatsApp

Cukup tekan tombol ikon mikrofon pada keyboard, lalu tekan dan tahan mikrofon sambil mengucapkan pesan yang ingin disampaikan.

Kemudian, lepas tombol setelah perekaman selesai. Durasi maksimal untuk pesan suara ini adalah 1 menit.

Jika ingin membatalkan pesan sebelum dikirim, usapkan jari dari ikon mikrofon. Pembaruan ini telah tersedia di aplikasi LinkedIn versi Android maupun iOS.

Pengguna LinkedIn pun bisa mendengarkan voice message dari LinkedIn versi web maupun aplikasi. Namun, perekaman dan pengiriman suara hanya bisa dilakukan dari aplikasi mobile LinkedIn.

Menurut LinkedIn, fitur pesan suara ini bisa membantu pengguna untuk menjalin koneksi yang lebih "personal" dengan kontak-kontak bisnis.

Fitur voice message dijanjikan akan tersebar merata untuk para pengguna LinkedIn dalam beberapa minggu ke depan, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Mashable, Sabtu (28/7/2018).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber MASHABLE
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com