Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Gadget Story

Berlabel "Flagship", Mengapa Kapasitas Baterai Oppo Find X Tidak Jumbo?

Kompas.com - 29/07/2018, 08:02 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Sejumlah vendor Android saling bersaing menghadirkan smartphone flagship dengan baterai jumbo untuk menawarkan ketahanan baterai lebih lama. Namun lain halnya dengan Oppo Find X.

Pasalnya, ponsel Oppo terbaru ini "hanya" mengusung baterai sebesar 3.730 mAh, di mana rata-rata flagship menanamkan baterai di ponsel unibody dengan kapasitas sebesar 4.000 mAh bahkan ada yang tembus hinga 5.000 mAh.

Kendati demikian, Oppo memiliki alasan tersendiri mengapa memilih kapasitas baterai lebih kecil dibanding smartphone kelas atas lainnya.

"Analoginya Oppo beda dengan vendor lain," jelas PR Manager Oppo Indonesia, Aryo Meidianto, di atas panggung Gadget Story Kompas.com, Sabtu (28/7/2018), Surabaya.

Menurut Aryo, Oppo ingin mengubah paradigma yang berkembang soal flagship yang berbaterai besar.

"Flagship itu bukan tentang baterai yang besar, tapi baterai yang cukup bertahan ketika digunakan seharian, at least seharian itu dalam arti 12 jam ya," imbuhnya.

Baca juga: Harga dan Spesifikasi Lengkap Oppo Find X

"Bukan membesarkan kapasitas baterai, tapi charging dengan waktu seefisien mungkin," imbuh Aryo.

Meski berkapasitas tidak jumbo, namun daya tahan baterai Oppo Find X disebut cukup mumpuni. Hal ini dikemukakan oleh vlogger gadget Mouldie Satria Eka Putra.

Ia mengaku daya tahan baterai bisa bertahan dari pagi hingga sore dengan penggunaan berat, seperti akses media sosial dan gaming dalam waktu yang sangat lama.

"Ketahanan baterai (Find X) gak bisa dibilang oke banget tapi masih bisa dibilang masuk kategori oke aja tapi bukan yang luar biasa," ungkap Mouldie.

Acara Gadget Story kali ini membahas smartphone Oppo Find X di Surabaya, Sabtu (28/7/2018).Wahyunanda/KOMPAS.com Acara Gadget Story kali ini membahas smartphone Oppo Find X di Surabaya, Sabtu (28/7/2018).
"Tapi kelebihannya, ini karena ada VOOC fast charging," imbuhnya dalam acara Gadget Story yang digelar di Surabaya, Sabtu (28/7/2018).

Teknologi VOOC yang dikembangkan oleh Oppo ini diklaim bisa mengisi daya dari nol persen hingga 75 persen hanya dalam waktu 30 menit.

Sementara versi Oppo Find X Lamborghini Special Edition yang menggunakan Super VOOC, menggunakan daya 51 watt. Pengisian baterai perangkat dari nol persen hingga penuh diklaim hanya butuh waktu 35 menit.

"Ini worst case ya, saya ngecas saat kondisi nyala sambil saya pakai, dari dua persen dalam dua puluh menit naik 45 persen," ujar Mouldie.

Aryo menambahkan, dalam daya maksimal ponsel bisa digunakan selama 16 jam. Namun, jika hanya melakukan pengisian daya lima menit, bisa digunakan untuk menelpon selama dua jam.

Lantas, bagaimana dengan modul kamera yang naik turun? Aryo mengatakan, teknologi micromotor yang tersemat di dalam modul 3D Stealth Camera hanya memakan konsumsi baterai satu persen saja, bahkan jika kamera digunakan 150 kali sehari.

Baca juga: Dibongkar, Mekanisme Naik-Turun Kamera Oppo Find X Terungkap

Sementara untuk gaming, Oppo Find X telah dibekali gaming mode, yang bisa diatur pengguna ke low mode agar baterai tetap irit.

"Kalau mau pilih high performance ya berarti konsekuensinya baterai sangat boros, kalau normal ya kayak orang main game normal, atau kalau mau low mode ya performance-nya akan turun. Jadi kita (gamer) yang atur," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com