Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Akui Penjualan Galaxy S9 Melamban

Kompas.com - 31/07/2018, 19:03 WIB
Fatimah Kartini Bohang,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Samsung Electronics membukukan pendapatan 58,4 triliun won (Rp 751 trilun) sepanjang kuartal kedua (Q2) 2018. Angka itu turun 4 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Menurut pabrikan Korea Selatan tersebut, penurunan pendapatan disebabkan melambannya penjualan smartphone dan panel layar. Flagship Galaxy S9 ternyata tak mampu mendorong minat beli masyarakat.

“Di tengah pasar smartphone high-end yang stagnan, divisi IT dan Mobile Communications Samsung melaporkan pendapatan yang merosot, baik dilihat dari tahun ke tahun (YoY) maupun kuartal per kuartal (QoQ), akibat lambatnya penjualan Galaxy S9,” begitu tertera pada situs Samsung Newsroom.

Kendati begitu, profit Samsung tetap naik 6 persen dibandingkan tahun sebelumnya, yakni 14,87 triliun won (Rp 191 triliun) selama tiga bulan terakhir, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Selasa (31/7/2018).

Baca juga: Diperbarui, Galaxy S9 Dapat Mode Video Slow Motion Baru

Hal ini berkat kontribusi dari bisnis semikonduktor Samsung yang tengah naik daun. Permintaan chipset DRAM untuk data center dan flash memory NAND dengan kapasitas tinggi menjadi produk jagoan Samsung.

Di kuartal berikutnya nanti, Samsung mengatakan bakal menggenjot performa bisnis di sektor semikonduktor dan tampilan OLED. Menurut raksasa Korea Selatan itu, bisnis mobile akan tetap menantang pasca semester II-2018.

“Hal ini karena kompetisi harga dan banyaknya produk baru bermunculan,” begitu tertulis pada situs resmi Samsung.

Samsung pun harus mencari ceruk baru untuk mendatangkan pundi-pundi tunai. Produsen seri Galaxy ini dalam jangka panjang bakal fokus menggarap industri Internet of Things (IoT), Artificial Intelligence (AI), dan teknologi jaringan 5G.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com