Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lenovo Sesumbar Luncurkan Ponsel 5G Pertama di Dunia

Kompas.com - 01/08/2018, 07:38 WIB
Yudha Pratomo,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Tech Radar

KOMPAS.com - Perlombaan membuat ponsel 5G pertama di dunia semakin memanas. Kali ini, Lenovo sesumbar akan menjadi produsen pertama di dunia yang merilis ponsel yang mendukung jaringan ini.

Hal ini dilontarkan oleh Vice President Lenovo, Chang Cheng. Ia berujar perusahaannya tengah menyiapkan ponsel teranyar yang dibekali prosesor Qualcomm Snapdragon 855. Ponsel inilah yang diklaim bakal jadi perangkat pertama dengan kemampuan jaringan 5G.

Kendati demikian, Cheng tidak memberikan penjelasan lebih lanjut. Ia tak mengungkapkan lebih jauh spesifikasi lain soal ponsel yang tengah dipersiapkan ini.

Dikutip KompasTekno dari Tech Radar, Rabu (1/8/2018), kemungkinan besar ponsel 5G Lenovo ini akan hadir paling cepat pada Desember 2018 mendatang. Itu karena Snapdragon 855 sendiri belum secara resmi diluncurkan.

Meski begitu, ungkapan Cheng ini dianggap sekadar omong kosong belaka. Pasalnya beberapa waktu lalu, Cheng sangat vokal dalam mempromosikan Lenovo Z5 sebelum ponsel itu dirilis pada awal Juni.

Baca juga: 19 Vendor yang Bikin Ponsel 5G Tahun Depan

Ia berbicara seolah ponsel tersebut adalah flagship teranyar milik Lenovo tapi setelah diluncurkan, Lenovo Z5 ternyata mengisi kelas papan tengah. Oleh karena itulah klaim "menjadi vendor pertama yang merilis ponsel 5G" ini juga kemudian dipertanyakan.

Kesiapan vendor lain

Vendor smartphone di dunia kini memang tengah berlomba membuat ponsel pintar yang mampu menghadirkan koneksi internet super cepat 5G. Samsung, Huawei dan beberapa vendor lain menyatakan kesiapannya untuk merilis perangkat ini setidaknya tahun depan.

Bahkan Samsung beberapa waktu lalu menjanjikan peluncuran perangkat ini tepat waktu yakni sekitar awal 2019 mendatang.

Huawei pun demikian, bahkan perusahaan ini rela berinvestasi besar-besaran demi menjadi pelopor penggunaan jaringan 5G di dunia. Namun berbeda dengan Samsung, Huawei menyatakan kesiapannya untuk merilis ponsel 5G pertama setidaknya pada kuartal ketiga 2019 mendatang.

Untuk ketersediaan jaringan, 5G sendiri memulai debutnya di Amerika Serikat. AT&T dan Verizon menjadi yang pertama mengumumkan dukungannya atas jaringan ponsel 5G.

Baik Verizon maupun AT&T berencana merilis jaringan 5G di tiga hingga lima wilayah AS pada tahun ini. Tidak disebutkan wilayan mana saja yang menjadi sasaran kedua operator ini, tapi yang pasti baik Verizon maupun AT&T telah menggandeng mitra untuk merealisasikan rencana mereka.

Jaringan 5G juga memiliki beberapa keunggulan ketimbang 4G. Selain dari kecepatan, 5G diklaim lebih hemat daya dan bakal berpengaruh pada perangkat yang digunakan.

Keberadaan 5G sendiri juga digadang-gadang akan menjadi tonggak pertumbuhan Internet of Things di dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Tech Radar
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com