Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tombol Pintas "Mark as Read" di WhatsApp Mulai Disebar

Kompas.com - 01/08/2018, 09:24 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu, WhatsApp diketahui sedang menyiapkan tombol pemintas "mark as read" atau tandai sebagai pesan telah dibaca. Fitur tersebut masih dalam pengembangan dengan sejumlah pengguna beta versi Android.

Saat ini, shortcut "mark as read" dikabarkan telah menyebar ke lebih banyak pengguna beta. Fitur anyar tersebut terdapat dalam pembaruan v2.18.232, yang berada di dalam opsi notification centre di WhatsApp.

Tampilan fitur mark as read yang sedang dikembangkan WhatsAppWABetaInfo Tampilan fitur mark as read yang sedang dikembangkan WhatsApp
Saat mendapat pesan yang muncul secara pop-up, akan muncul tombol pemintas "Mark as Read" di sebelah opsi "Reply to".

Ketika pengguna memilih "Mark as Read", maka notifikasi akan hilang dan ditandai sebagai pesan yang telah terbaca (dua centang biru).

Notifikasi tersebut tidak akan muncul lagi, bahkan jika ada notifikasi baru yang diterima.

Fitur "Mark as Read" memang dirancang untuk membuat pesan seolah-olah telah dibaca. Terutama jika terlalu banyak pesan yang diterima dan tidak sempat membukanya satu per satu.

Sebelum dibuat shortcut, fitur ini telah ada sebelumnya, namun tersembunyi di pilihan menu.

Dengan pembaruan ini, maka pengguna dipermudah membuat pesan seolah-olah sudah terbaca, cukup dengan satu ketukan (tapping).

Baca juga: WhatsApp Bakal Permudah Fitur yang Bikin Pesan Seolah-olah Telah Terbaca

Perlu diingat jika fitur ini masih diuji coba di server-side yang artinya tidak semua sudah bisa menjajalnya, sebagaimana dilansir dari Android Police, Rabu (1/8/2018).

Dari pantauan KompasTekno, fitur ini belum muncul di pembaruan Google Play Store untuk beberapa pengguna Android di Indonesia. Apabila pengguna ingin menjajalnya, bisa menginstal pembaruan dari tautan APK berikut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com