Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kirim Gmail di Android Bakal Bisa Dijadwal?

Kompas.com - 01/08/2018, 18:42 WIB
Fatimah Kartini Bohang,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Aplikasi Gmail untuk Android agaknya bakal dibubuhkan fitur baru untuk menjadwalkan pengiriman e-mail. Hal ini terendus dari kode pemrograman aplikasi Gmail yang mematrikan perintah “menu_schedule_send”.

Sebelumnya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjadwalkan pengiriman e-mail. Misalnya saja melalui situs “Boomerang” untuk Gmail, ekstensi “Schedule e-mail” di Chrome, atau “Google Sheets Script”.

Intinya, penjadwalan e-mail via Gmail perlu melibatkan pihak ketiga. Jika fiturnya tersemat di Gmail, tentu bakal lebih memudahkan aktivitas para pengguna.

Pebisnis bisa menjadwalkan e-mail selama periode tertentu yang sesuai dengan kebiasaan baca audiens mereka. Firma PR bisa pula memanfaatkan fitur ini untuk menjadwalkan rilis pers bagi media massa, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Rabu (1/8/2018), dari DigitalTrends.

Baca juga: Gmail Resmi Dirombak, Ini Deretan Fitur Barunya

Ada banyak contoh kasus yang dipermudah fitur penjadwalan e-mail, meski hingga kini Google belum mengonfirmasinya. Bocoran kode pemrograman pun tak membeberkan informasi soal kapan fitur itu bisa dinikmati semua pengguna.

Jika fitur ini benar-benar dirilis, Gmail sejatinya bukanlah inisiator. Sebelumnya, Microsoft Outlook lebih dulu menyematkan fitur tersebut, di mana pengguna bisa menyetel tanggal dan jam pengiriman e-mail melalui menu “Delivery Options”.

Terlepas dari itu, Gmail memang agaknya tengah fokus mematangkan layanannya. Pada awal tahun ini, desain antarmuka Gmail dirombak cukup signifikan. Ada beberapa fitur yang ditambah, misalnya saja smart reply untuk membalas cepat e-mail template.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com