Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Facebook dan Instagram Rilis Pengatur Waktu Main Media Sosial

Kompas.com - 02/08/2018, 13:30 WIB
Yudha Pratomo,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Demi membatasi aktivitas pengguna di Facebook dan Instagram, kedua media sosial ini merilis sebuah fitur khusus yang dapat membatasi waktu pengguna bermedia sosial di kedua platform tersebut.

Fitur bernama Activity Dashboard ini resmi dirilis demi meminimalisasi dampak negatif atas kecanduan media sosial yang sudah menjangkit banyak orang.

Fitur pengatur waktu main medsos ini bakal bisa digunakan pengguna Facebook dan Instagram di seluruh dunia dalam beberapa minggu mendatang. Pengguna di Amerika Serikat disebut bakal kebagian pertama kali.

Menurut Ameet Ranadive, Direktur Product Management Instagram, fitur Activity Dashboard ini dibuat dan dikembangkan dengan melibatkan pakar, organisasi kesehatan hingga para akademisi.

Ia menegaskan bahwa hal ini memang menjadi salah satu tanggung jawab penyedia platform agar pengguna dapat mengelola waktu mereka dengan lebih baik.

"Harapan kami fitur ini bisa memberi pengguna kontrol yang lebih besar atas waktu yang mereka habiskan di media platform kami," ungkap Ranadive dikutip KompasTekno, Kamis (2/8/2018) dari Newsroom Facebook.

Menurut Ranadive, Facebook memiliki tanggung jawab untuk membantu pengguna memahami berapa banyak waktu yang mereka habiskan sehingga mereka dapat mengelolanya dengan lebih baik.

Untuk mengakses fitur ini caranya sangat mudah. Pengguna tinggal membuka aplikasi Instagram/Facebook dan masuk pada menu setting.

Kemudian pilih "Your Activity" serta klik "Your Time on Facebook" untuk melihat waktu yang dihabiskan di platform berbagi konten foto dan video ini.

Fitur Activity DashboardNewsroom Facebook Fitur Activity Dashboard
Pada bagian atas, pengguna dapat melihat dashboard yang berisi waktu rata-rata yang dihabiskan. Kemudian di bagian bawah, pengguna dapat mengatur pembatas waktu.

Lewat pembatas waktu ini pengguna akan diberi peringatan jika telah melebihi batas waktu pengguna dalam satu hari. Misalnya pengguna bisa mengatur batas waktu selama 25 menit. Setelah 25 menit, maka pengguna akan menerima notifikasi bahwa batas waktu telah habis.

Selain itu pengguna juga bisa membisukan notifikasi lewat menu "Mute Push Notifications". Fitur ini berguna untuk membatasi notifikasi dari Instagram saat Anda merasa tak ingin terganggu oleh notifikasi tersebut.

Baca juga: Cara Agar Tidak Ketahuan Sedang ?Online? di Instagram

Fitur Dashboard Activity ini telah diluncurkan secara global. Fitur ini merupakan salah satu cara Facebook dan Instagram merespons isu kesehatan mental yang dipicu oleh penggunaan media sosial yang berlebihan.

Media sosial kerap menimbulkan candu, begitu pula Instagram dan Facebook yang dapat membuat penggunanya lupa waktu.

Penggunaan media sosial yang berlebihan tentu bukan hanya berdampak pada kesehatan, tetapi juga berdampak pada produktivitas yang semakin tergerus.

Dengan inisiatif ini, diharapkan pengguna bisa mengatur waktu penggunaan bermedia sosial di platform tersebut.

Baca juga: Lebih dari Separuh Generasi Z Kecanduan Ponsel

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com