Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kondisi Baterai Ponsel Teman Bisa Diketahui lewat Google Maps?

Kompas.com - 04/08/2018, 12:13 WIB
Fatimah Kartini Bohang,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber TechCrunch

KOMPAS.com - Pada awal 2017 lalu, layanan peta digital Google Maps merilis fitur yang memungkinkan pengguna membagikan lokasi mereka secara real-time ke keluarga dan teman.

Fitur itu agaknya bakal dikembangkan untuk memberikan informasi tambahan, yakni status baterai. Ketika Anda membagikan lokasi secara real-time ke teman, ia bisa turut mengetahui berapa banyak baterai smartphone Anda yang tersisa.

Lantas, kenapa informasi status baterai ini menjadi penting? Tak lain untuk menjauhkan kecemasan antar sesama pengguna yang tengah berbagi lokasi real-time, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Sabtu (4/8/2018), dari AndroidPolice.

Baca juga: Tips Nge-charge Agar Baterai Ponsel Lebih Awet

Contoh kasusnya ketika si A membagikan lokasi real-time ke B. Tiba-tiba posisi A tak bergerak di antarmuka aplikasi B.

Status baterai pada fitur pembagian lokasi real-time di Google Maps.TechCrunch Status baterai pada fitur pembagian lokasi real-time di Google Maps.

Hal ini bisa menimbulkan asumsi negatif, misalnya smartphone A dicuri di tengah jalan, gangguan sinyal, dan banyak kemungkinan lainnya.

Jika ada status baterai, B bisa lebih dulu tahu bahwa daya pada smartphone A tinggal sedikit. Ketika A tak bergerak di antarmuka aplikasi, maka B bisa paham alasannya.

Informasi status baterai pada fitur pembagian lokasi real-time di Google Maps belum diresmikan. Bocoran fitur ini terendus melalui pengoprekan APK Google Maps 9.71 versi Beta.

Belum jelas kapan pengguna Google Maps bisa memanfaatkannya. Kita tunggu saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber TechCrunch
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com