Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Grab Pakai Algoritma untuk Patuhi Aturan Ganjil-Genap di Jakarta

Kompas.com - 06/08/2018, 12:44 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Layanan ride-sharing, Grab siap mematuhi aturan pelat nomor ganjil-genap yang ditetapkan oleh Kementrian Perhubungan. Untuk mendukung peraturan tersebut, Grab akan menggunakan algoritma khusus untuk layanan GrabCar.

Algoritma ini berfungsi untuk menyaring dan mencocokkan pelat ganjil-genap di Jakarta secara real-time dari kendaraan mitra pengemudi. Penyesuaian dilakukan berdasarkan lokasi penjemputan dan tujuan, jam, serta tanggal perjalanan.

Grab berharap penyesuaian ganjil-genap ini dapat berkontribusi untuk mengurangi kemacetan sekaligus membantu pengguna Grab untuk tetap beraktivitas.

"Kami harap kemanapun para pelanggan Grab ingin pergi, mereka tidak perlu khawatir ganjil-genap menggunakan Grab," terang Marketing Director Grab Indonesia Mediko Azwar dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Senin (6/8/2018)

Untuk diketahui, peraturan yang diinisiasi Pemprov DKI Jakarta ini rencananya akan diperluas wilayahnya selama perhelatan Asian Games dan Asian Para Games. Asian Games akan digelar 18 Agustus hingga 2 September, dilanjutkan Asian Para Games yang akan dimulai pada 6-13 Oktober mendatang.

Baca juga: Cara Menghindari Rute Ganjil-Genap dengan Google Maps dan Waze

"Teman-teman TGUPP tadi mengingatkan, jadi kami implementasikan perluasan ganjil-genap ini dari Asian Games hingga Asian Para Games," kata Sandiaga Uno di Gedung Smesco, Jakarta Selatan, Selasa (31/7/2018).

Sebelumnya, uji coba perluasan sistem ganjil-genap mulai diimplementasikan pada 2-31 Juli dan secara resmi diberlakukan per 1 Agustus 2018. Sistem ini akan diterapkan setiap hari mulai pukul 06.00 hingga 21.00 WIB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com