Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Aplikasi Ini Bisa Beri Informasi saat Gempa Terjadi

Kompas.com - 06/08/2018, 17:07 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber SCMP

KOMPAS.com - Gempa bumi bermaginitudo 7 baru saja mengguncang Lombok, Nusa Tenggara Barat, Minggu (5/8/2018) pukul 18.64. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sempat memperingatkan adanya potensi akibat gempa ini.

Getaran gempa dirasakan hingga lokasi sekitar yakni Bali, Nusa Tenggara Timur, hingga sebagian Jawa Timur. Menurut catatatan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), hingga Senin siang (6/8/2018), tercatat korban meninggal dunia mencapai 91 orang.

"Sampai dengan siang ini, korban meninggal 91 orang, 209 orang luka-luka, ribuan rumah rusak, dan ribuan warga mengungsi," ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugrohodi.

Ini bukanlah kali pertama atau kedua, Indonesia diguncang gempa dan bencana alam lain seperti letusan gunung merapi. Berada di Ring of Fire atau Cincin Api Pasifik, Indonesia berada di jalur gempa teraktif di dunia dan berada di tiga tumbukan lempeng benua yakni Indo-Australia, Eurasia, dan Pasifik.

Tak dipungkiri, sulit untuk mengetahui kapan bencana alam seperti gempa Lombok terjadi. Sebab hingga detik ini, belum ada peneliti yang mampu memprediksi kapan gempa akan terjadi.

Namun ada beberapa aplikasi yang bisa membantu memberikan informasi penting dan aktual saat bencana terjadi.

1. Disaster Alert

Tangkapan layar aplikasi Disaster AlertSCMP Tangkapan layar aplikasi Disaster Alert

Aplikasi ini dikembangkan oleh Pasific Disaster Centre (PDC) di Hawaii. Melalui aplikasi ini, pengguna bisa melacak peta bencana alam yang sedang terjadi saat ini, seperti gempa bumi, tsunami, gunung meletus, badai, longsor, banjir dan kebakaran hutan. Bahkan, aplikasi ini bisa melacak pesebaran wabah suatu virus.

Didukung oleh platform DisasterAWARE besutan PDC, disaster Alert akan memberikan notifikasi berdasarkan GPS. Pengguna juga bisa melihat detail lain seperti informasi lebih lanjut tentang lokasi mana saja yang berbahaya.

Apliaksi ini bisa diunduh pengguna iOS di iTunes melalui tautan ini dan untuk pengguna Android bisa mengunduh di tautan berikut.

Baca juga: Gempa Lombok, Facebook Aktifkan Safety Check

2. Info BMKG

Tangkapan layar aplikasi Info BMKGBMKG Tangkapan layar aplikasi Info BMKG

Info BMKG adalah aplikasi resmi yang diluncurkan oleh BMKG. Ada beberapa fitur yang disediakan seperti notifikasi gempa bumi, peringatan dini cuaca, dan info aktual seputar BMKG.

Pengguna juga bisa memperoleh informasi seputar prakiraan cuaca berdasarkan lokasi. Untuk informasi gempa bumi, hanya gempa bermagnitudo di atas 5 skala richter saja yang akan muncul sebagai notifikasi, dilengkapi dengan jarak epicentrum ke lokasi pengguna.

Aplikasi ini bisa diunduh di Google Play Store di tautan ini dan didapatkan di iTunes melalui tautan ini. BMKG merekomendasikan untuk pengaturan lokasi ke mode High Accuracy, agar info yang didapat lebih akurat.

3. QuakeFeed Earthquake Map, News, and Alerts

Tangkapan layar aplikasi QuakeFeed Earthquake AlertsSCMP Tangkapan layar aplikasi QuakeFeed Earthquake Alerts

Halaman:
Sumber SCMP
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com