Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar 5 Smartphone Paling Laku Terjual Hingga Saat Ini

Kompas.com - 07/08/2018, 11:10 WIB
Fatimah Kartini Bohang,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setiap tahun, pengguna disuguhkan beragam model smartphone dari berbagai vendor. Harganya beragam sesuai selera dan budget pasar, mulai dari Rp 1 jutaan hingga double-digit.

Di antara lalu-lalang smartphone yang beredar di pasar, hanya beberapa yang benar-benar mencuri hati khalayak secara kolektif.

Berikut hitung mundur daftar lima besar model smartphone yang paling laris sepanjang masa, dikutip KompasTekno dari Android Authority, Selasa (7/8/2018).

5. Galaxy S3 dan iPhone 5 (70 juta)

Samsung Galaxy S IIIIst Samsung Galaxy S III

Galaxy S3 buatan Samsung dan iPhone 5 buatan Apple berhasil membukukan penjualan masing-masing sekitar 70 juta unit. Angka itu sejak pertama kali diluncurkan hingga detik ini, meski produksinya sudah tak berlanjut.

Yang menarik, kedua seri tersebut hadir setelah momentum pendahulunya yang fenomenal. Seri Samsung Galaxy meledak di pasaran setelah Galaxy S2.

Pun terjadi pada Apple, di mana inovasi smartphone-nya terlihat signifikan ketika merilis iPhone 4S yang dilengkapi asisten digital Siri. Keduanya dirilis pada 2012 dan masing-masing menarik minat pasar global.

Baca juga: Ini Daftar 10 Ponsel Terlaris Sepanjang Masa

4. iPhone 7 dan iPhone 7 Plus (78 juta)

Smartfren menggelar penjualan perdana iPhone 7 di galeri Smartfren Sabang, Jumat (31/3/2017).Fatimah Kartini/Kompas.com Smartfren menggelar penjualan perdana iPhone 7 di galeri Smartfren Sabang, Jumat (31/3/2017).

Inovasi di iPhone 7 dan iPhone 7 Plus berhasil membuat pasar terdorong untuk menggelontorkan duit. keduanya hadir dengan fitur anti-air, penyimpanan yang lebih besar, serta baterai yang berkapasitas jumbo saat itu.

Dengan inovasi berani di sektor spesifikasi, Apple berhasil menjual keduanya di kisaran 78 juta unit sejak diluncurkan pertama kali pada 2016 lalu.

3. Galaxy S4 (80 juta)

Galaxy S4 mendeteksi detak jantung lewat jari pengguna dan menampilkan hasilnya lewat aplikasi S-Health (kanan)oik yusuf/ kompas.com Galaxy S4 mendeteksi detak jantung lewat jari pengguna dan menampilkan hasilnya lewat aplikasi S-Health (kanan)

Galaxy S4 merupakan smartphone buatan Samsung yang paling laris di pasaran. Flagship tersebut berhasil terjual sebanyak 80 juta unit sejak dirilis pada 2013 silam.

Hal ini tak lepas dari reputasi yang dibangun Samsung sejak merilis Galaxy S2 dan dilanjutkan Galaxy S3. Masyarakat semakin percaya dengan kualitas seri Galaxy S.

Baca juga: Ini Dia Ponsel Berponi yang Paling Laris Saat Ini

2. Nokia 5230 (150 juta)

Smartphone yang satu ini menyasar kelas budget dengan spesifikasi yang tidak begitu mempesona. Nokia 5230 bahkan tak mendukung koneksi WiFi, tetapi angka penjualannya bisa dibilang spektakuler mencapai 150 juta unit.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com