Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Agar Tak Tertipu Unduh Aplikasi Palsu Android dan iOS

Kompas.com - 07/08/2018, 15:29 WIB
Fatimah Kartini Bohang,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber GadgetsNow

KOMPAS.com - Tak teliti lantas terjebak mengunduh aplikasi palsu merupakan skenario lazim saat menjajal smartphone. Padahal aplikasi palsu bisa berakibat fatal, mulai dari merusak smartphone hingga mengambil informasi personal pengguna.

Karena itu, penting untuk memastikan bahwa aplikasi yang Anda unduh adalah orisinal. Lantas, bagaimana caranya menghindari jebakan aplikasi palsu dari oknum-oknum jahil?

Pertama, sebisa mungkin mengunduh aplikasi dari toko resmi Apple App Store atau Google Play Store. Ada beberapa aplikasi yang opsi pengunduhannya dari situs lain dan mungkin menarik, tetapi pikirkan dampaknya jika aplikasi itu palsu.

Meski aplikasi palsu juga banyak berseliweran di Apple App Store dan Google Play Store, penanganannya akan cepat. Aplikasi-aplikasi itu biasanya tak bertahan lama.

Kedua, baca deskripsi aplikasi. Jika Anda melihat banyak kesalahan pengejaan dan tata bahasa, kemungkinan besar aplikasi itu palsu. Pengembang terpercaya akan sangat serius ketika membuat deskripsi, sehingga kesalahan bahasa hampir tak mungkin terjadi.

Ketiga, pentingnya menengok review. Biasakan membaca review sebelum memutuskan mengunduh aplikasi. Jika palsu, pasti ada beberapa review yang secara gamblang mengatakannya.

Keempat, riset tentang pengembang aplikasi. Telusuri latar belakang pengembang sebelum memakai aplikasi buatannya. Jika Anda menemukan hal mencurigakan, misalnya pengembang tak punya situs resmi atau media sosial, jangan unduh aplikasinya.

Kelima, angka unduhan. Ini adalah indikator paling mudah dan bisa dibilang cukup akurat. Semakin banyak jumlah unduh suatu aplikasi, maka kredibilitasnya bisa dibilang mumpuni.

Selamat mencoba untuk lebih berhati-hati dalam mengunduh aplikasi.

Baca juga: Waspada, Aplikasi Keamanan CCleaner Disusupi Malware

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GadgetsNow
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com