Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/08/2018, 19:31 WIB
Reska K. Nistanto,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Seminggu sebelum pembukaan Asian Games 2018, Telkomsel memamerkan infrastruktur 5G yang selesai dibangun di kompleks Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta.

"Kita sudah pasang, ada empat BTS 5G di situ menggunakan spektrum 28 GHz," kata Direktur Utama Telkomsel, Ririek Adriansyah dijumpai di kantor Telkomsel, Kamis (9/8/2018).

Meski jaringan 5G tersebut sifatnya masih berupa uji coba saja, alias belum komersil, namun Ririek menyebut jaringan 5G Telkomsel di GBK secara teknis sudah siap.

Jaringan 5G Telkomsel yang didemonstrasikan di GBK menurut Ririek menggunakan spektrum 800 MHz, dengan kapasitas throughput maksimal mencapai 16 Gbps.

Selain BTS 5G, Telkomsel juga mengklaim bahwa jaringan 4G yang dipakai untuk mendukung perhelatan Asian Games 2018 sebenarnya sudah mencapai 4,9G, mendekati 5G.

Telkomsel menambah 1.000 BTS 4G tambahan yang disebar di venue-venue Asian Games, beserta fasilitas pendukung lainnya, seperti wisma atlet dan titik-titik tempat berkumpulnya massa.

Selain itu, Telkomsel juga menyiagakan 15 mobile BTS dan 100 mobile Grapari yang untuk mendukung layanan komunikasi para peserta Asian Games 2018.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com