Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Facebook Hapus Fitur "Friend List Feeds" Karena Tak Laku

Kompas.com - 11/08/2018, 07:30 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Facebook akan menghapus fitur "Friend List Feeds" di aplikasi Facebook. Fitur ini menampilkan feeds yang berisi update status atau unggahan teman yang telah dipilih sebelumnya.

Feeds terbatas akan menampilkan kabar dari keluarga, kolega, teman sepermainan atau tetangga terpilih di beranda Facebook. Dengan begitu, feeds tidak akan tercampur dengan unggahan dari teman-teman yang menurut pengguna bukan prioritas.

Tangkapan layar notifikasi Facebook yang mencabut fitur Friend List FeedTech Crunch Tangkapan layar notifikasi Facebook yang mencabut fitur Friend List Feed

Dicopotnya fitur Friend List Feeds diumumkan Facebook dalam sebuah notifikasi, yang mengatakan jika perubahan itu akan dimulai per tanggal 9 Agustus 2018.

"Kami mencopot fitur yang jarang digunakan ini, untuk fokus meningkatkan pengalaman News Feed," jelas perwakilan Facebook.

Meski dicabut, pengguna masih tetap bisa membuat daftar teman, mengedit daftar, dan membagikan postingan ke mereka. 

Perubahan ini hanya akan mengubah tampilan feeds, yang sebelumnya hanya menampilkan postingan dari daftar teman, kini akan menampilkan semua kabar berita.

"Ketika pengguna tidak bisa melihat feeds berdasarkan daftar teman, mereka masih bisa membuat daftar teman dan mengubah daftar teman, lalu membagikan kiriman ke teman-teman khusus tersebut," kata Facebook.

Fitur Friend List Feeds sejatinya sudah ada sejak lama. Namun tampaknya fitur ini sepi peminat. Dilansir KompasTekno dari Tech Crunch, Sabtu (11/8/2018), pada tahun 2011 Facebook mengaku jika 95 persen pengguna Facebook tidak memanfaatkan daftar teman.

Sebagai alternatif, jika pengguna tidak ingin dibanjiri banyak postingan yang dianggap mengganggu, pengguna bisa memanfaatkan fitur News Feed Preference (preferensi kabar berita).

Baca juga: Facebook dan Instagram Rilis Pengatur Waktu Main Media Sosial

Menu tersebut ada di "setting", kemudian scroll ke bawah di bagian "pengaturan kabar beranda". Lantas, tandai akun mana saja yang menjadi prioritas pengguna untuk menampilkan pembaruan terbaru di beranda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com