Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adu Kencang Galaxy Note 9 Vs iPhone X, Siapa Juaranya?

Kompas.com - 13/08/2018, 13:12 WIB
Yudha Pratomo,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber TomsGuide

KOMPAS.com - Sejak diperkenalkan beberapa waktu lalu, Galaxy Note 9 mendapat banyak respon di media sosial. Banyak yang menganggap Note 9 adalah perangkat yang sangat hebat, tapi tak sedikit pula yang menghujat.

Alasan mereka menganggap remeh Galaxy Note 9 adalah karena spesifikasi yang diusung ternyata tak berbeda jauh dengan Galaxy S9 Plus yang dirilis pada Februari lalu. Namun apakah perangkat ini memang punya performa yang biasa-biasa saja?

Situs teknologi ternama Tom's Guide pun menguji ponsel teranyar ini. Galaxy Note 9 disandingkan dengan saingannya, yakni iPhone X. Galaxy Note 9 yang digunakan dalam pengujian ini memiliki RAM 6 GB dan ROM 128 GB serta prosesor Snapdragon 845.

Uji Geekbench

Pengujian pertama dilakukan melalui GeekBench 4. Hasilnya cukup mengejutkan. iPhone X menang telak dari Galaxy Note 9 dari hasil pengujian ini.

Baca juga: Membuka Kotak Kemasan Samsung Galaxy Note 9

iPhone X mendapat nilai sebesar 10.357 dan menduduki peringkat pertama. Sedangkan Galaxy Note 9 berada di peringkat ketiga dengan nilai 8.876 dan di antara keduanya ada OnePlus 6 dengan nilai 9.088.

Hasil uji benchmark Galaxy Note 9 dan iPhone XToms Guide Hasil uji benchmark Galaxy Note 9 dan iPhone X

Angka yang didapat Galaxy Note 9 memang terpaut cukup jauh Apple iPhone X, namun bukan perangkat ini tak memiliki kemajuan dari perangkat sebelumnya. Terbukti angka hasil pengujian ini melonjak cukup jauh dari Galaxy Note 8 yang dirilis tahun lalu.

Performa grafis

Pengujian kedua dilakukan untuk melihat performa grafis. Menggunakan 3DMark Slingshot Extreme, hasil pengujian ini pun menunjukkan bahwa Galaxy Note 9 masih takluk dari iPhone X.

Skor hasil uji Galaxy Note 9, yakni 4.639 berada pada posisi ketiga. Sedangkan iPhone X mendapat angka 4.994 yang menduduki posisi kedua. Posisi pertama diduduki OnePlus 6 dengan angka 5.124.

Perbandingan hasil benchmark Galaxy Note 9 dan iPhone XToms Guide Perbandingan hasil benchmark Galaxy Note 9 dan iPhone X

Namun Galaxy Note 9 berhasil menundukkan iPhone X pada pengujian layar. Meski keduanya menggunakan panel layar AMOLED, Galaxy Note 9 mampu menghasilkan tampilan dengan warna yang lebih kaya.

Ponsel ini mencatatkan 224 persen warna sRGB sedangkan iPhone X hanya 128,6 persen. Tingkat kecerahan layar Galaxy Note 9 pun masih lebih tinggi dari iPhone X.

Bukan tolok ukur

Dikutip KompasTekno dari Toms'Guide, Senin (13/8/2018), hasil uji dari benchmarking ini tak serta merta menjadi tolok ukur bagaimana kinerja handset dalam penggunaannya di kehidupan nyata.

Tentu saja kedua perangkat ini punya fungsi yang berbeda dengan sistem operasi yang juga berbeda. Terutama mengingat bahwa Galaxy Note 9 adalah ponsel yang diperuntukkan pengguna bisnis, tak seperti iPhone X.

Galaxy Note 9 pun punya fitur serta dukungan lain seperti S-Pen yang kini dilengkapi dengan koneksi bluetooth serta adanya DeX internal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber TomsGuide


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com