Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intel Perkenalkan SSD "Terpadat" Berbentuk Penggaris

Kompas.com - 14/08/2018, 11:11 WIB
Oik Yusuf,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber ZDNet

KOMPAS.com - Bentuknya mirip penggaris, tapi ia sebenarnya adalah perangkat media penyimpanan solid-state drive (SSD) bernama lengkap Intel SSD D5-P4326 yang ditujukan bagi komputer server.

Intel mengklaim D5-P4326 sebagai SSD dengan kepadatan kapasitas tertinggi yang pernah dibuatnya. Tiap SSD yang berukuran mirip penggaris 12 inci ini sanggup menyimpan data sebanyak 32 terabyte (TB).

“SSD baru kami dibuat dengan teknologi 3D NAND Intel, di mana sel memori ditempatkan secara berlapis dengan lapisan yang sangat tipis. D5-P4326 memiliki 64 lapis memory cell,” sebut Intel dalam sebuah keterangan tertulis.

Unit SSD ini bisa dimuat ke dalam rak server 1U standar yang berukuran tinggi 1,75 inci. Sebanyak 32 unit SSD pun bisa ditempatkan dalam rak sekaligus sehingga memberikan kapasitas storage gabungan mencapai 1 Petabyte.

Dibandingkan hard disk lawas, SSD “penggaris” D5-P4326 hanya memakan tempat sebanyak lima persennya, sementara konsumsi dayanya hanya sepersepuluh.

Kemudian, apabila dibandingkan SSD konvensional dengan form factor 2,5 inci, Intel mengklaim sang SSD “penggaris” hanya membutuhkan aliran udara hanya setengahnya utnuk keperluan pendinginan.

Air conditioning adalah salah satu komponen biaya terbesar dalam operasional data center. Inilah sebabnya perusahaan-perusahaan data terbesar di dunia berencana menggunakan SSD ‘penggaris’ dari Intel,” lanjut sang pembuat.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari ZD Net, Selasa (14/8/2018), sejumlah perusahaan cloud telah menggunakan sang “penggaris”, termasuk IBM, Microsoft, Tencent, dan WeChat.

Baca juga: Samsung Perkenalkan SSD Terbesar di Dunia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ZDNet
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com