Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lenovo Resmikan Thinkpad P1, Lebih Tipis dari MacBook Air

Kompas.com - 14/08/2018, 17:14 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Anandtech

KOMPAS.com - Seri anyar ThinkPad terbaru resmi diluncurkan Lenovo dengan nama ThinkPad P1. Laptop ini ditujukan bagi kalangan profesional untuk menunjangn keperluan bisnis.

ThinkPad P1 lebih ramping dibanding seri workstation Lenovo sebelumnya. Thinkpad P1 memiliki ketebalan hanya 0,72 inci dan berat 1,7 kg, sedikit lebih tipis dari MacBook Air dengan tebal 0,78 inci.

Oleh Lenovo, Thinkpad P1 diklaim sebagai laptop workstation (laptop untuk berbagai pekerjaan) tertipis yang ada saat ini. Lenovo Thinkpad P1 dibalut casing berbahan karbon fiber, membingkai layar berukuran 15,6 inci dengan resolusi 4K.

ThinkPad P1 diklaim unggul dalam peforma dengan sistem yang dapat terintegrasi dengan prosesor Intel Core generasi ke-8 atau Xeon yang mengusung CPU enam inti. Kecepatanya disebut bisa mencapai 4,6 GHz.

Grafisnya mengandalkan Nvidia Quadro P1000 atau P2000. Ditunjang DRAM dan SSD yang besar, yakni 64 GB dan 4 terabyte penyimpanan.

Lenovo menggunakan modul memori SO-DIMM yang mudah di-upgrade, bukan chip solder yang kerap dipakai vendor PC untuk produk laptop tipis mereka.

Ada dua varian yang ditawarkan Lenovo. Pertama, model paling tinggi dengan layar ukuran 15,6 inci panel IPS LCD resolusi 4K Ultra-HD (3840 x 2160), tingkat kecerahan 400 nits, dan 100 persen keseluruhan warna AdobeRGB.

Sementara model di bawahnya mengusung resolusi llayar ebih rendah, yakni IPS Full HD 1920 x 1080, tingkat kecerahan 300 nits dan mencakup 100 persen rentang warna sRGB. Kedua model dilengkapi konektivitas Intel Wireless-AC 9560 802.11ac dan Bluetooth 5.0.

ThinkPad P1 memiliki tiga colokan Thunderbolt, 2 konektor USB 3.1 Gen 1 Type-A, sebuah HDMI 2.0, pembaca card reader opsional, sebuah webcam, dan sensor pemindai sidik jari.

Dirangkum KompasTekno dari Anand Tech, Selasa (14/8/2018), Lenovo ThinkPad P1 diklaim bisa menahan dingin, panas, lembab, debu, jamur, guncangan dan lingkungan yang ekstrem lain.

Perangkat ini akan mulai dikapalkan bulan ini dengan banderol harga 1.949 dollar AS (sekitar Rp 28,5 jutaan).

Baca juga: Laptop Legendaris ThinkPad Ternyata Terinspirasi Kotak Makan Jepang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Anandtech
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com