Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asus Buka-bukaan soal Peluncuran dan TKDN ROG Phone di Indonesia

Kompas.com - 15/08/2018, 09:31 WIB
Oik Yusuf,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pertama kali diperkenalkan pada Juni lalu di Taiwan, Asus ROG Phone adalah smartphone dengan komponen berkinerja tinggi yang ditujukan untuk bermain game mobile. Pihak Asus sempat mengutarakan rencana penjualan ponsel ini di Indonesia.

Sejauh mana perkembangan rencana rilisnya? South East Regional Director Asus, Jimmy Lin mengatakan pihaknya masih mencanangkan kisaran waktu peluncuran di Indonesia sekitar kuartal IV 2018.

“Tapi jadwal pastinya belum kami tentukan,” ujar Lin ketika ditemui usai acara peluncuran dua laptop gaming Asus dari seri ROG (Republic of Gamers) di Jakarta, Selasa (14/8/2018).

Dia menambahkan, pihak Asus juga masih mendiskusikan soal berapa harga smartphone bertenaga Snapdragon 845 ini nantinya.

Menurut Lin, dalam rilisnya ke pasaran Tanah Air nanti, ROG bakal dibundel bersama salah satu aksesori atau lebih.

Asus memang membuat sejumlah aksesori pelengkap untuk ROG Phone, seperti pendingin yang ditempelkan di punggung perangkat untuk meredam panas ketika bermain, controller serupa gamepad, desktop dock, hingga twin view dengan layar kedua mirip konsol game handheld.

Dengan mengguankan TwinView Dock pengguna bisa membagi layar ponsel menjadi dua bagian yakni atas dan bawah. yudha pratomo/KOMPAS.com Dengan mengguankan TwinView Dock pengguna bisa membagi layar ponsel menjadi dua bagian yakni atas dan bawah.

Nah, Asus berencana mematok harga ROG Phone berdasarkan aksesori apa yang dipaketkan bersama sang ponsel. Aksesori lain yang tidak dibundel kemungkinan akan dijual terpisah.

“Sulit untuk membandingkan harga ponsel ini dengan model lain yang sudah beredar di pasaran, meski sama-sama high-end. Kami mengutamakan kinerja. Harganya bakal tergantung  aksesori bundling,” ujar Lin.

Ketika menghadapi pertanyaan serupa soal harga, Marketing Manager Asus Indonesia Galip Fu hanya memberikan sedikit kisi-kisi.

“Pokoknya akan lebih murah dibanding laptop gaming ROG yang diperkenalkan hari ini,” ujarnya setengah bercanda.

Laptop dimaksud memiliki banderol terendah sebesar Rp 24.299.000.

TKDN belum 30 persen

Secara terpisah, Head of Public Relations and E-Marketing Asus Indonesia Muhammad Firman menerangkan bahwa Asus ROG Phone belum memenuhi persyaratan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) sebesar 30 persen untuk bisa dipasarkan di Indonesia.

Menurut Firman, Asus akan menempuh pemenuhan TKDN dari kombinasi jalur hardware melalui perakitan di Indonesia dan software.

“Kami sedang mengusahakan. Mungkin akan ditambah dengan aplikasi lokal,” ujarnya ketika dihubungi oleh KompasTekno.

Sebagai ponsel gaming pesaing Xiaomi Black Shark dan Razer Phone, Asus ROG Phone dibekali spesifikasi tinggi. Layarnya berukuran 6 inci (2.160 x 1.080, 18:9), sementara dapur pacunya menggunakan Snapdragon 845 yang ditingkatkan kecepatannya lebih lanjut lewat overclock.

ASUS ROG Phone dipadankan dengan GameVice sehingga bentuk ponsel jadi menyerupai sebuah konsol portable. yudha pratomo/KOMPAS.com ASUS ROG Phone dipadankan dengan GameVice sehingga bentuk ponsel jadi menyerupai sebuah konsol portable.

Komponen lain mencakup RAM 8 GB, storage 128 GB atu 512 GB, baterai 4.000 mAh dengan fast charging, kamera ganda 12 megapiksel dan 8 megapiksel, kamera depan 8 megapiksel, serta aneka macam aksesori tadi.

Saat hadir di Indonesia nanti, ROG boleh jadi akan mempelopori ceruk pasar baru yang sebelumnya belum pernah ada di Indonesia, yakni smartphone gaming kelas atas Jimmy Lin mengaku optimis produknya bakal bisa menarik minat konsumen Tanah Air.

“Kami melihat tren mobile gaming terus menanjak. Inilah yang hendak kami lakukan. Memang, kami tidak bisa memprediksi seperti apa pasaran ini (ponsel gaming) nantinya, tapi kami ingin menjadi salah satu yang pertama bergerak,” pungkas Lin.

Baca juga: Membandingkan Ponsel Gaming Asus ROG, Xiaomi Black Shark, dan Razer Phone

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com