Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Daftar Smartphone Nokia yang Kebagian Android Pie

Kompas.com - 16/08/2018, 10:34 WIB
Fatimah Kartini Bohang,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Google meresmikan sistem operasi Android 9 dengan nama “Pie” pada awal bulan ini. Para vendor pun bergegas membenamkannya ke smartphone buatan mereka, salah satunya HMD Global.

HMD Global mengumumkan semua seri Nokia yang beredar di pasaran saat ini segera mendapat pembaruan Android Pie. Kendati demikian, belum dipastikan kapan jadwal pemutakhirannya.

Adapun seri-seri yang dimaksud adalah Nokia 1 (Android Go), Nokia 2, Nokia 2.1 (Android Go), Nokia 3, Nokia 3.1, Nokia 5, Nokia 5.1, Nokia 6, Nokia 6.1, Nokia 6.1 Plus, Nokia 7 (eksklusif di China), Nokia 7 Plus, Nokia 8, Nokia 8 Sirocco, Nokia X6 (eksklusif di China), dan Nokia X5 (eksklusif di China)

Menurut prediksi yang beredar, Nokia 7 Plus bakal jadi yang pertama kebagian Android Pie. Lantas kemudian disusul seri flagship Nokia 8 dan Nokia 8 Sirocco, barulah menyusul ke seri-seri lain.

Baca juga: Android 9 Dinamai Pie, Ini Sembilan Fitur Barunya

Lini-lini Nokia Android Go juga disebut-sebut bakal lebih dulu dijamah Android Pie, ketimbang seri-seri Nokia menengah ke bawah lainnya. Hal ini belum diiyakan pihak HMD Global.

Android Pie pertama kali menyapa para pengguna Google Pixel. Selain HMD Global, pabrikan lain yang dikatakan tengah menyiapkan pemutakhiran Android Pie ke perangkat-perangkat mobile adalah Sony, Xiaomi, Oppo, Vivo, OnePlus, dan Essential, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Kamis (16/8/2018), dari PhoneArena.

Ada sembilan fitur baru dan peningkatan yang bisa diperoleh di Android Pie. Masing-masing adalah “smart reply” dari notifikasi, mode gelap, simulasi poni (notch), pengeditan screenshot, serta "digital wellbeing" untuk mengontrol penggunaan smartphone.

Ada juga fitur “lockdown” untuk menjaga keamanan, navigasi berbasis gestur, kunci rotasi, serta “adaptive battery” untuk melacak pola penggunaan aplikasi oleh pengguna.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com