Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oppo F9 Resmi Meluncur, Ini Spesifikasi dan Harganya

Kompas.com - 16/08/2018, 11:29 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Setelah bocorannya banyak beredar di dunia maya, Oppo akhirnya merilis seri F terbaru yakni Oppo F9. Kelahiran Oppo F9 hanya berselang sekitar empat bulan dari pendauhulunya, Oppo F7 yang rilis bulan Maret lalu.

Meski selisih beberapa bulan saja, namun perbedaan keduanya sangat mencolok. Sesuai bocoran yang hilir-mudik sebelumnya, poni Oppo F9 dipangkas habis-habisan, menyisakan segitiga kecil tepat menjorok di atas layar.

Poni atau notch tersebut digunakan sebagai rumah kamera depan tunggal. Bingkai (bezel) di semua sisi juga terpangkas. Menghasilkan rasio layar ke bodi yang diklaim mencapai 90,8 persen dan aspek rasio 19,5:9.

Bentang layar Oppo F9 memanjang hingga 6,3 inci dengan resolusi 2340 x 1080 piksel. Panel layar menggunakan LTPS TFT yang menjanjikan tingkat kecerahan 450 nits. Layar Oppo F9 telah dilindungi Corning Gorilla Glass 6 yang juga terpasang di Oppo R17 yang rilis beberapa hari lalu.

Baca juga: Bakal Setangguh Apa Gorilla Glass 6?

Di bodi belakang terpatri susunan kamera ganda berjajar horisontal dan sensor pemindai sidik jari di tengah punggung. Konfigurasi kamera belakang utama adalah 16 megapiksel, bukaan f/1.8 dan kamera sekunder 2 megapiksel.

Kamera sekunder berfungsi untuk menghasilkan foto dengan efek bokeh. Sementara kamera depan, memiliki konfigurasi 25 megapiksel, sebagaimana KompasTekno rangkum dari GSM Arena, Kamis (16/8/2018).

Bergeser ke sektor dapur pacu, Oppo F9 dipersenjatai MediaTek Helio P60 yang memiliki spesialisasi teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI). Salah satunya mendukung sensor kamera dengan AI Beautification 2.1.

Ada dua model RAM yang disediakan yakni 4 GB dan 6 GB dengan media internal 64 GB. Oppo F9 akan berjalan dengan sistem operasi Android 8.1 Oreo yang dilapisi antarmuka Color OS 5.2.

Baterai berkapasitas 3.500 mAh dibenamkan di dalam perangkat yang didukung pengisi daya cepat VOOC. Dalam praktiknya, Oppo sesumbar jika pengisian daya lima menit mampu digunakan untuk telepon hingga dua jam. Di bagian atas terdapat colokan haedphone jack 3,5 mm.

Baca juga: Kesan Pertama Menjajal Oppo F9: Layar Lega, Punggung Bercahaya

Ada tiga warna yang bisa dipilih yakni Sunrise Red, Twilight Blule dan Starry Purple. Untuk warna Sunrise Red dan Twilight Blue menggunakan pola tesselation atau grafis yang membentuk poligon. Sedangkan Starry Purple akan dihiasi gemerlap bintang-bintang berwarna emas yang menyiratkan desain elegan.

Peluncuran Oppo F9 di Indonesia akan digelar tangga 23 Agustus mendatang di Jakarta. Salah satu e-commerce lokal Indonesia sudah membuka sesi pre-order Oppo F9 dengan banderol Rp 4.500.000.

Update, 23 Agustus 2018: Baca juga: Ini Spesifikasi dan Harga Oppo F9 di Indonesia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GSM Arena
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com