Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Siapkan Asisten Pintar untuk Jaga Kebugaran

Kompas.com - 19/08/2018, 10:28 WIB
Fatimah Kartini Bohang,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Google dikabarkan tengah menyiapkan aplikasi kesehatan terbaru yang memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan alias Artificial Intelligence (AI). Dinamai “Google Coach”, aplikasi tersebut tak ubahnya asisten pintar yang mengawasi dan memastikan kondisi fisik pengguna tetap prima.

Google Coach tak cuma merekam aktivitas dan data standar semacam pola jalan, pola tidur, serta denyut jantung. Lebih dari itu, aplikasi ini memanfaatkan data yang dimiliki Google tentang pengguna untuk merekomendasikan jenis dan rutinitas olahraga.

Jika pengguna melewatkan jadwal olahraga yang dipilih, Google Coach akan memberikan alternatif lain yang sesuai dengan karakter pengguna. Selain itu, Google Coach juga mencatat peningkatan performa olahraga pengguna dari waktu ke waktu.

Tak hanya dari sektor olahraganya semata, Google Coach juga membantu mengawasi asupan nutrisi dan merekomendasikan makanan yang pas dengan pengguna.

Baca juga: 2 Smartwatch Fitbit Versa Resmi Dijual di Indonesia, Harganya?

Google Coach bahkan membantu pengguna mulai dari merancang pola makan selama sepekan, hingga membuat daftar belanja. Layanan Gmail dan Calendar diintegrasikan untuk selalu mengingatkan pengguna.

Dengan banyaknya hal yang diawasi Google Coach, pengguna bisa jadi bakal kebanjiran notifikasi. Untuk mengakali hal ini, Google Coach membuat notifikasi yang sifatnya rangkuman.

Tak ada lagi notifikasi semacam “ambil obat”, “perbanyak jalan”, “perbanyak minum”, dan sejenisnya. Google Coach bakal merangkum ketiga hal tersebut menjadi sebuah notifikasi utuh, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Minggu (19/8/2018), dari AndrodiPolice.

Google Coach kabarnya dirilis pertama-tama untuk pengguna sistem operasi Wear OS. Pengguna smartphone Android juga dikatakan bisa memanfaatkannya, tetapi dengan kapasitas tertentu.

Google juga dikatakan berambisi membawa asisten kesehatannya ke produk-produk yang lebih luas semacam Android TV, Google Home, dan perangkat-perangkat terhubung masa depan.

Perlu dicatat, kabar ini belum sepenuhnya bisa dipercaya karena belum ada konfirmasi resmi dari Samsung. Kita tunggu saja hingga Google Coach unjuk gigi ke khalayak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com