Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPad Semburkan Api di Apple Store

Kompas.com - 20/08/2018, 10:11 WIB
Fatimah Kartini Bohang,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber Gizmodo

KOMPAS.com - Sebuah iPad yang dipajang di Apple Store mengalami masalah baterai panas (overheating) hingga mengeluarkan semburan api. Pegawai Apple Store buru-buru menenggelamkan iPad tersebut ke sebuah wadah berisi pasir.

Hal ini terjadi di Apple Store Leidseplein, Amsterdam, Belanda. Polisi dan pemadam kebakaran pun datang untuk mengevakuasi insiden tersebut.

Meski kebakaran iPad di Apple Store itu skalanya tak membahayakan, tetapi tetap ada korban. Tiga pengunjung Apple Store harus dilarikan ke rumah sakit karena mengalami masalah pernapasan ringan.

Insiden ini pertama kali dilaporkan via Twitter, lantas mengundang perhatian media setempat. Viral di internet, alhasil informasinya meluas dan menjadi pembicaraan ramai.

Pasalnya, masalah baterai panas hingga menimbulkan kebakaran sudah beberapa kali terjadi di Apple Store sepanjang tahun ini.

Sebelumnya, insiden serupa terjadi di Swis dan Spanyol, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Senin (20/8/2018), dari Gizmodo.

Kejadian di Swis agak serius, di mana satu orang menderita luka bakar ringan dan enam lainnya dirawat karena masalah pernapasan. Bedanya, kala itu penyebabnya adalah baterai iPhone, bukan iPad.

Baca juga: Ponsel Meledak Tewaskan CEO Startup Malaysia

Seperti kebanyakan vendor, Apple menggunakan baterai litihium-ion yang bisa diisi kembali dayanya. Lithium-ion terkenal dengan ukurannya yang mungil dan mampu menyimpan banyak energi.

Namun, baterai lithium-ion memang rentan terbakar jika lapisan komponennya yang tipis menyentuh elektrolit yang sensitif dan mudah terbakar ketika panas. Situasi seperti ini dipicu kesahalan produksi, cacat desain, atau kesialan belaka.

Baca juga: Video Kepanikan Penumpang Saat Powerbank Terbakar di Kabin Pesawat

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Gizmodo


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com