Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengguna Waze Ditemani Dian Sastrowardoyo Selama Asian Games 2018

Kompas.com - 20/08/2018, 15:16 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Artis peran Dian Sastrowardoyo akan meramaikan perhelatan Asian Games 2018. Namun partisipasinya adalah dengan menyumbang suara ke aplikasi peta Waze.

"Dian memiliki karakteristik yang sesuai dengan brand kami. Tidak hanya berprestasi, Dian juga merupakan pengguna setia Waze," jelas Marlin R. Siahaan, Country Manager Waze Indonesia dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Senin (20/8/2018)

Tak hanya menemani pengguna Waze di jalan lewat suara navigasi, Dian juga akan membacakan beberapa dialog populer dari filmnya Ada Apa Dengan Cinta dan film anyarnya yang segera rilis, Aruna & Lidahnya.

Untuk mendengarkan suara Dian Sastrowardoyo di aplikasi Waze, pengguna cukup mengubah pengaturan melalui menu "setting". Kemudian pilih "Voice Direction" > "Waze Voice" > English US/Bahasa Indonesia Dian Sastrowardoyo - Asian Games.

Suara Dian yang telah terkustomisasi ini telah tersedia di Waze versi Android dan iOS sejak 18 Agustus 2018, dan berlaku selama periode ajang olahraga terbesar se-Asia ini berlangsung.

Fitur ganjil-genap

Waze yang bernaung di bawah perusahaan search engine, Google juga kembali mempromosikan fitur pelat nomor ganjil-genap.

Fitur ini bisa digunakan khusus untuk wilayah DKI Jakarta untuk mencari rute alternatif sesuai pelat nomor kendaraan yang digunakan. 

Cara mengecek jalur alternatif ganjil-genap menggunakan Waze, cukup buka menu "setting" lalu pilih navigasi, lanjut menu "license plate restriction" atau "pembatasan pelat nomor" yang ada di bawah.

Baca juga: Cara Menghindari Rute Ganjil-Genap dengan Google Maps dan Waze

Kemudian masukan dua digit terakhir pelat nomor kendaraan yang digunakan. Secara otomatis, Waze akan mencarikan rute alternatif sesuai implementasi aturan ganjil-genap. Jangkauan ganjil-genap telah diperluas, seusai dengan peraturan terbaru yang ditetapkan.

"Kami berharap perluasan jangkauan peraturan ganjil/genap ini dapat mendorong pengendara untuk mencari alternatif rute perjalanan yang lebih efisien," imbuh Marlin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com