Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Secanggih Apa Sensor Kamera Mirrorless “Full Frame” Nikon?

Kompas.com - 21/08/2018, 08:49 WIB
Oik Yusuf,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Ubergizmo

KOMPAS.com - Nikon diketahui sedang menyiapkan lini kamera mirrorless “Z series” baru yang menggunakan sensor gambar “full frame”, seperti kamera Sony seri A7 dan A9. Secanggih apa penangkap gambar tersebut?

Rumor yang belakangan beredar menyebutkan bahwa sensor gambar di kamera full-frame Nikon itu bakal “lebih baik” dibandingkan sensor milik kamera DSLR D850 dari pabrikan yang sama.

Entah apa definisi “lebih baik” di sini, namun disebutkan bahwa sensor sang kamera mirrorless full-frame bisa menangkap cahaya lebih banyak, sehingga memberi efek seolah lensa yang terpasang memiliki bukaan lebih lebar.

Lensa berbukaan f/1.8 misalnya, bisa berlaku seolah lensa dengan aperture f/1.4, dalam hal intensitas cahaya yang ditangkap, bukan depth-of-field.

Nikon D850 diketahui merupakan salah satu kamera DSLR dengan sensor gambar terbaik. Penangkap gambar beresolusi 45 megapiksel di kamera ini membuatnya jadi DSLR pertama yang meraih skor 100 poin di uji DXO Mark tahun lalu.

Baca juga: Inikah Tampang Kamera Mirrorless Full-Frame Nikon yang Segera Meluncur?

Apabila rumor di atas benar adanya, mungkin kamera mirrorless Nikon bakal menawarkan kualitas sensor yang lebih baik lagi.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Ubergizmo, Selasa (21/8/2018), kamera mirrorless full-frame Nikon sendiri diketahui bakal terdiri dari dua model yang masing-masing bernama Z6 dan Z7.

Nikon Z7 bakal memiliki sensor resolusi tinggi, 45 mgapiksel untuk menangkap detail maksimum. Sementara, Nikon Z6 lebih dioptimalkan untuk kecepatan dan kondisi low-light dengan resolusi sensor 24 megapiksel. Belum jelas mana di antara keduanya yang bakal memiliki sensor “lebih baik dari D850”.

Selain dua kamera mirrorless, Nikon kabarnya juga akan merilis tiga lensa baru dengan dudukan lensa “Z-mount” sebagai pendamping, termasuk lensa normal 50 mm f/1.8, lensa zoom 24-70 mm f/4, dan lensa prime berbukaan f/1.8.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Ubergizmo
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com