Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Teks dan Telepon Skype Kini Dipasangi Pengaman

Kompas.com - 21/08/2018, 17:42 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pada Januari lalu, Skype sesumbar sedang menguji coba fitur percakapan teks dan panggilan yang terenkripsi end-to-end. Enkripsi atau pengamanan menggunakan Signal Protocol menggunakan Open Whisper Systems.

Berbulan - bulan diuji coba, akhirnya fitur tersebut mulai tersedia di semua pengguna platform Skype, yakni Android, iOS, Linux, dan Windows Desktop. Chat yang terenkripsi bisa dicoba di fitur "Private Conversation" yang bisa ditemukan di menu "compose" atau bisa juga dari profile akun yang akan dikirimi pesan.

Metode enkripsi dibutuhkan agar pesan yang terkirim tidak mudah dicegat atau disadap di tengah-tengah, mulai dari saat dikirim hingga diterima.

Nantinya, setiap kali pengirim menggunakan Private Conversation, penerima pesan akan mendapatkan sebuah undangan. Setelah undangan disetujui oleh si penerima pesan, maka semua panggilan dan pesan yang ada di percakapan akan terenkripsi end-to-end sampai pengguna mengakhiri percakapan.

Baca juga: Percakapan Skype Akhirnya Bisa Direkam

Untuk mengakhiri percakapan rahasia cukup bertahap-tahap. Pertama, klik bagian atas chat, kemudian pergi ke "chat setting" dan pilih "end private conversation". Jika ingin memulai percakapan rahasia dengan akun yang sama, cukup kirim undangan baru lagi.

Sementara untuk memulai panggilan terenkripsi, caranya hampir sama. Buka Privat Conversation atau pilih yang sudah ada, lalu pilih tab "Private" yang ada di atas percakapan. Lantas klik tombol "Private Call".

Pengguna juga bisa menghapus riwayat percakapan rahasia. Caranya, klik bagian atas chat, pergi ke menu "setting" lalu pililh "delete private conversation". Sayangnya, dilansir KompasTekno dari The Verge, Selasa (21/8/2018), pengguna hanya bisa melakukan satu percakapan rahasia menggunakan satu perangkat.

Percakapan rahasia bisa saja dialihkan ke perangkat baru, tapi semua pesan dan panggilan yang mereka kirim dan terima tidak bisa ditransfer dari perangkat yang digunakan sebelumnya.

Enkripsi ini agaknya berbeda dengan yang berlaku di platform lain seperti WhatsApp. Sebab enkripsi dalam Skype sifatnya opsional, bukan bersifat default. Namun tidak ada salahnya untuk mengandalkan fitur enkripsi ini demi keamanan percakapan yang sensitif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com