Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Iklan Nova 3 Hasil Jepretan Ponsel atau DSLR, Ini Jawaban Huawei

Kompas.com - 22/08/2018, 16:15 WIB
Oik Yusuf,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Huawei membikin video iklan singkat untuk mempromosikan smartphone seri Nova 3 di Mesir.

Iklan tersebut berbuah blunder lantaran belakangan beredar kabar bahwa jepretan selfie yang ditampilkan merupakan tangkapan kamera DSLR, bukan sang ponsel.

Menanggapi hal tersebut, pihak Huawei mengatakan bahwa di akhir video sebenarnya sudah mencantumkan pernyataan klaim (disclaimer). Isinya menegaskan bahwa foto-foto yang ditampilkan dalam iklan hanya untuk keperluan ilustrasi saja.

Menurut Huawei, tidak ada pernyataan bahwa rangkaian foto menawan tersebut benar merupakan jepretan kamera ponsel Nova 3.

Baca juga: Huawei Ketahuan Pakai Kamera Ponsel untuk Iklankan Foto Selfie

“Bisa ada perbedaan antara visualisasi dan ukuran produk, dibanding keadaan sebenarnya. Begitu juga dengan konten dalam iklan,” bunyi penggalan disclaimer itu, berdasarkan hasil terjemahan yang dikirimkan oleh Huawei Indonesia ke KompasTekno, Selasa (21/8/2018).

Masalahnya, menurut PR Manager Huawei Indonesia Bianca Resita Djemat, disclaimer tertulis dalam bahasa Arab lantaran ditujukan untuk konsumen di Mesir.

“Oleh karena itu mungkin kebanyakan konsumen tidak menyadari bahwa kami sudah menyatakan disclaimer,” ujar Bianca.

Kalimat disclaimer dalam font berukuran kecil (bagian bawah layar) di akhir video iklan Huawei Nova 3 yang ditayangkan di Mesir. Huawei Kalimat disclaimer dalam font berukuran kecil (bagian bawah layar) di akhir video iklan Huawei Nova 3 yang ditayangkan di Mesir.

Sebelumnya, Huawei dikabarkan memakai hasil foto dari DSLR untuk menggambarkan jepretan selfie ponsel Nova 3 dalam iklan. Hal ini mengemuka setelah aktris wanita dalam iklan mengunggah sejumlah foto behind the scene produksi video ke akun Instagram miliknya.

Dalam salah satu foto terlihat pemeran pria sedang berakting merentangkan tangan seolah mengambil selfie. Namun, tangannya tak menggenggam apa-apa.

Seorang kru lain terlihat memposisikan kamera DSLR di dekat tangan sang pria untuk menirukan sudut pandang kamera smartphone saat dipakai selfie.

Keganjilan ini kemudian diberitakan sejumlah outlet media online internasional lantaran dipandang bersifat misleading dan bisa membuat calon konsumen keliru menganggap jepretan selfie Nova 3 memang semenawan foto-foto yang terlihat daalm video.

Tayangan iklan Huawei Nova 3 versi Mesir selengkapnya bisa dilihat di tautan berikut.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com