Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asus Siapkan Ponsel Gaming ROG Phone Versi RAM Lebih Rendah

Kompas.com - 23/08/2018, 10:03 WIB
Yudha Pratomo,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber ENGADGET

KOMPAS.com - Asus memulai debutnya di pasar ponsel gaming lewat ROG Phone yang dirilis pada Juni lalu. Ponsel ini dipersenjatai chip Snapdragon 845 dan RAM 8 GB.

Kini kabarnya, Asus tengah mempersiapkan dua versi lain ROG Phone dengan kapasitas RAM yang lebih rendah, yakni 4 GB dan 6 GB. Hal ini terendus dari halaman sertifikasi Kominfo China, FCC.

Pada halaman tersebut, tercantum sertifikasi ponsel Asus dengan nomor kode Z01QD. Dari spesifikasinya, terlihat ponsel ini sangat identik dengan Asus ROG Phone yang menggunakan Snapdragon 845 namun memiliki tiga pilihan RAM, yakni 4 GB, 6 GB dan 8 GB.

Artinya, besar kemungkinan Asus memang tengah mempersiapkan ROG Phone dengan besaran RAM yang lebih rendah. Sebagaimana kita tahu, pada saat pertama kali diperkenalkan, Asus hanya memperlihatkan ROG Phone versi RAM 8 GB.

Dengan versi RAM lebih rendah, harga ROG Phone diharapkan juga bisa ditekan menjadi lebih murah.

Baca juga: Membandingkan Ponsel Gaming Asus ROG, Xiaomi Black Shark, dan Razer Phone

Dikutip KompasTekno dari Engadget, Kamis (23/8/2018), belum ada konfirmasi resmi terkait kabar ini, namun jika informasi ini benar, maka Asus menjadi vendor ponsel gaming dengan varian RAM terbanyak.

Sejauh ini baru ada tiga ponsel gaming di pasar global, yakni Razer Phone dari Razer, Black Shark dari Xiaomi, dan ROG Phone dari Asus. Razer Phone hanya memiliki satu varian RAM dengan besaran 8 GB, sedangkan Black Shark memiliki dua varian RAM, yakni 6 GB dan 8 GB.

ROG Phone sendiri dapat dipastikan akan masuk ke Indonesia.

Menurut Muhammad Firman, Head of Public Relation and E-Marketing Asus Indonesia, ROG Phone rencananya akan dibawa masuk ke Indonesia sekitar kuartal IV-2018 ini atau paling cepat pada Desember mendatang.

Baca juga: Asus Buka-bukaan soal Peluncuran dan TKDN ROG Phone di Indonesia

"Kemungkinan besar masuk, tapi ya itu, paling cepat mungkin akhir tahun ini," ungkap Firman kepada KompasTekno di sela-sela acara peluncuran ROG Phone, Juni lalu.

Ia menambahkan, perlu proses yang cukup panjang untuk memasukkan ponsel ini ke pasar Indonesia. Bahkan masih ada beberapa hal yang perlu dipastikan agar ponsel ini bisa dinikmati pencinta game mobile di Indonesia.

Baik Asus global maupun Asus Indonesia masih enggan untuk berbicara soal harga ROG Phone. Pasalnya produk ini belum benar-benar final, masih ada beberapa aspek yang perlu diperhitungkan untuk menentukan harga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ENGADGET
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com