Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fitur Anti-Ketagihan Instagram Tengah Diuji Coba

Kompas.com - 23/08/2018, 18:10 WIB
Fatimah Kartini Bohang,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pada Juli 2018, Instagram merilis fitur “You’re All Caught Up” yang menginformasikan pengguna bahwa mereka sudah melihat semua postingan baru di linimasa (feed).

Tujuannya sebagai pengontrol aktivitas menggulir (scrolling) linimasa Instagram, agar pengguna tak lupa waktu.

Ironisnya, fitur itu malah ditangkis fitur teranyar yang tengah dipersiapkan bertajuk “Recommended For You”. Mekanismenya sebenarnya tak baru, yakni merekomendasikan pengguna konten-konten yang dianggap sesuai ketertarikan mereka.

Baca juga: Ini Tandanya Posting-an di Linimasa Instagram Sudah Dilihat Semua

Hanya saja, rekomendasi itu dibubuhkan di ujung feed. Artinya, ketika pengguna sudah melihat semua unggahan dari orang-orang yang diikuti (following), Instagram akan memperkenalkan konten baru yang disesuaikan dengan selera pengguna.

Hal ini bisa jadi menambah hasrat pengguna untuk terus-menerus scrolling. Alhasil, tingkat adiksi meningkat dan pengguna akan kembali lupa waktu ketika berada di depan antarmuka Instagram.

Fitur You’re All Caught Up pun menjadi sia-sia dan kehilangan tujuan awalnya. Instagram agaknya tak benar-benar peduli soal pola konsumsi digital yang sehat (digital wellness) bagi penggunanya.

“Tujuan kami membuat feed sebagai tempat terbaik untuk berbagi dan terhubung dengan orang-orang dan hobi yang bermakna bagi Anda,” Instagram berdalih, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Kamis (23/8/2018), dari situs resminya.

“Dengan Recommended For You, Anda bisa melihat lebih banyak lagi hal-hal yang dibagikan komunitas kami,” begitu tertulis pada situs.

Instagram sesumbar Recommended For You mulai diuji coba dalam beberapa hari ke depan untuk segelintir pengguna. Masukan dari pengguna bakal dijadikan bahan revisi produk, dan perilisan resminya dicanangkan dalam beberapa pekan ke depan.

Baca juga: Ini Alasan Mengapa Harus Ganti Password Instagram Sekarang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com