Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keyboard "Gboard" Tembus 1 Miliar Unduhan di Play Store

Kompas.com - 24/08/2018, 08:02 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tak banyak aplikasi besutan Google yang mampu menembus angka miliaran unduhan di toko aplikasi Android.

Baru ada Google Photo, aplikasi buatan Google yang menembus angka satu miliar unduhan, mengikuti aplikasi populer lain, seperti Skype, Facebook, dan Instagram.

Kini, aplikasi keyboard besutan Google, Gboard mengikuti jejak Google Photo.

Gboard atau yang dulu dikenal sebagai Google Keyboard, telah diunduh sebanyak 1 miliar lebih. Angka tersebut terpampang jelas di deskripsi aplikasi Gboard di Play Store.

Tangkapan layar aplikasi Gboard yang telah diunduh lebih dari 1 miliar kali di Paly StorePhone Arena Tangkapan layar aplikasi Gboard yang telah diunduh lebih dari 1 miliar kali di Paly Store
Dirangkum KompasTekno dari Phone Arena, Jumat (24/8/2018), Gboard mendukung ratusan bahasa berbeda dan mencakup pengetikan multi-lingual yang berarti pengguna tak perlu repot-repot mengalih bahasakan secara manual.

Baru-baru ini, Gboad menambah 18 bahasa baru di antaranya Buryat, Sorbia Hilir, Cypriot Yunani, Gondi, Hakka, Kernowek, Mandeali, Siberian Tatar, Shkhawati Talysh, dan Mundari.

Baca juga: Pengguna Android Bisa Ketik Morse di Gboard

Selain itu, aplikasi terjemahan Google Translate juga terpasang di keyboard virtual itu. Ada juga pencarian pintas (shortcut) melalui tombol "G" yang tersedia di atas papan ketik. Paling baru, Gboard menyisipkan fitur GIF serta dukungan bahasa Jepang untuk Android TV.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com