Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Australia Larang Dua Vendor China Gelar Jaringan 5G

Kompas.com - 24/08/2018, 09:59 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pemerintah Australia melarang dua vendor asal China, Huawei dan ZTE untuk memboyong jaringan 5G ke negara tersebut.

Padahal, Huawei sebelumnya telah sesumbar akan mengkomersilkan ponsel 5G pertamanya pada bulan Maret tahun depan.

Pelarangan ini terkait ancaman keamanan nasional yang dkhawatirkan pemerintah negeri kangguru itu.

Beberapa waktu lalu, pemerintah Australia mempermasalahkan pedoman keamanan jaringan 5G, meski tidak menyebut secara spesifik vendor Huawei dan ZTE atau vendor asal China lain.

Namun pemerintah Australia menunjuk ke "semua vendor yang cenderung menjadi subjek ekstra yudisial dari pemerintah asing yang bertentangan dengan hukum Australia", yang disebut berisiko membawa ancaman keamanan nasional.

Keterangan bertentangan dengan hukum Australia tersebut kemungkinan merujuk pada aturan yang berlaku di China. Aturan tersebut memberikan jalan bagi intelijen China untuk mengawasi dan menginvestigasi individu dan institusi dalam maupun luar negeri.

Hal ini memungkinkan badan intelijen China untuk menyita properti dan memobilisasi individu atau organisasi untuk melakukan spionase. Ketentuan ini berlaku untuk semua perusahaan, termasuk Huawei, ZTE, dan vendor China lainnya.

Baca juga: Smartphone 5G Huawei Dijadwalkan Hadir Tahun Depan

Dalam pedoman kemanan baru, pemerintah Australia menyatakan jika perbedaan pengoperasian jaringan 5G dibanding generasi sebelumnya, membawa negara mereka ke risiko ancaman nasional baru.

"Arsitektur baru ini memberikan cara baru untuk menghindari kontrol keamanan tradisional dengan mengeksploitasi perlengkapan jaringan yang dapat mengganggu kerahasiaan data pelanggan," jelas Kementrian Komunikasi dan Seni Australia, seperti dirangkum KompasTekno dari Tech Crunch, Jumat (24/8/2018).

Lebih lanjut, pemerintah mengingatkan kembali jika warga dan pemerintah Australia kerap menjadi sasaran kejahatan siber.

"Pemerintah tidak menemukan kombinasi teknik kontrol kemanan yang mumpuni untuk menangani risiko," lanjut pemerintah dalam rilisnya.

Menanggapi pemblokiran ini, Huawei menyatakan pihaknya telah memiliki teknologi nirkabel yang diklaim aman berjalan di Australia selama 15 tahun.


"Kami baru saja diinformasikan oleh pemerintah bahwa Huawei dan ZTE telah dilarang untuk membawa teknologi 5G ke Australia. Ini sangat mengecewakan bagi konsumen. Huawei adalah pemimpin teknologi 5G. Memiliki keamanan dan jaminan teknologi nirkabel di Australia untuk hampir 15 tahun".

Baca juga: Ponsel Huawei dan ZTE Dilarang Dijual di Sekitar Markas Militer AS

Perwakilan Huawei di Australia, John Lord mengatakan, pihaknya telah mengantongi pedoman legal. Pedoman tersebut menyatakan bahwa operasi Huawei di Australia tidak terikat pada undang-undang China dan menolak menyerahkan data apapun yang melanggar hukum Australia ke pemerintah China.

Ia mengatakan jika dilarangnya jaringan 5G akan berdampak buruk bagi bisnis lokal dan para pengguna karena terbatasnya akses. Sementara itu, hingga berita ini ditulis, ZTE masih belum memberikan keterangan.

Sebelum Australia, Amerika Serikat juga membatasi peredaran dua vendor tersebut. Alasan yang dipakaipun serupa yakni dugaan spionase melalui perangkat produk vendor China.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com