Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Masih Cari Nama untuk iPhone Keluaran 2018

Kompas.com - 29/08/2018, 12:44 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Mendekati jadwal peluncurannya, penamaan trio iPhone baru masih menjadi teka-teki. Beredar rumor yang bersumber dari kalangan "dalam" Apple, jika 2019 akan menjadi tahun berlabel "S".

Bubuhan huruf "S" disebut akan ditempatkan di belakang nama seri iPhone yang diperkirakan rilis bulan September nanti.

Sebelumnya sempat beredar kabar jika trio iPhone akan menyandang nama iPhone XS untuk layar OLED 5,8 inci, iPhone (2018) untuk model LCD 6,1 inci, dan iPhone XS Plus untuk model OLED 6,5 inci.

Namun kemungkinan, Apple masih akan mengotak-atik nama lain sebelum resmi diluncurkan. Seperti tahun lalu, sebelum peluncuran iPhone 8 dan iPhone 8 Plus, Apple disebut akan menamai perangkat tersebut sebagai iPhone 7S dan iPhone 7S Plus.

Meski masih bingung mencari nama yang tepat, dilaporkan The Next Web yang dilansir KompasTekno, Rabu (29/8/2018), bocoran spesifikasi iPhone generasi baru semakin banyak.

Salah satunya soal modul kamera untuk model iPhone paling jumbo yang memiliki kode nama D33. Rumor sebelumnya mengatakan jika Apple akan menyematkan tiga lensa kamera di belakang, seperti Huawei P20 Pro.

Namun kabar terakhir membantah rumor tersebut dan menyebutkan jika iPhone "D33" tetap akan mengadopsi dual-camera. Model ini disebut akan mendukung fitur multitasking aplikasi side by side, seperti yang ada di iPad. Fitur ini memungkinkan pengguna membuka dua aplikasi dalam satu layar.

Baca juga: Inikah Nama Resmi Trio iPhone 2018?

Model iPhone kedua yang berkode nama D32 rumornya akan mendukung dual-SIM di beberapa wilayah tertentu, di mana hal ini adalah sesuatu yang baru untuk iPhone. Peningkatan tersebut juga dikabarkan akan hadir di model iPhone jumbo.

Untuk model yang diprediksi menjadi model paling murah, menurut bocoran terakhir akan memiliki banyak varian warna. iPhone dengan layar LCD 6,1 inci ini disebut akan menggunakan material alumunium untuk bingkai pinggir ketimbang bahan baja.

Ketiga model iPhone masih akan mengadopsi teknologi Face ID dan gestur. Hingga hari ini, Apple belum mengonfirmasi jadwal peluncuran iPhone. Diperkirakan, perangkat anyar tersebut akan diumumkan bulan depan, seperti para pendahulunya.

Baca juga: Inikah Tanggal Peluncuran iPhone 2018?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com