Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oppo R15 Diuji Coba Dipasangi Modem 5G

Kompas.com - 29/08/2018, 18:17 WIB
Oik Yusuf,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Gizmochina

KOMPAS.com - Vendor-vendor perangkat keras dan gadget bersiap menyongsong kedatangan jaringan seluler generasi ke-5 alias 5G, yang dijadwalkkan mulai rollout tahun depan.

Oppo pun tak mau ketinggalan. Pabrikan ponsel asal China itu belakangan mengumumkan telah sukses menguji coba koneksi 5G dengan smartphone yang tersedia secara komersil.

Smartphone dimaksud bukan model baru yang dikembangkan dari awal untuk mendukung 5G, tapi ponsel seri R15 keluaran awal tahun ini, yang dimodifikasi dengan penambahan modem 5G X50 besutan Qualcomm.

Koneksi 5G yang berhasil diujicoba dengan Oppo R15 dan X50 ini sesuai dengan standar 3GPP release 15 NSA, menggunakan 5G NR band n78 dengan lebar pita 20 MHz dan 4G LTE band 5 dengan lebar pita 10 MHz.

Baca juga: Internet 5G Digelar 2019, Smartphone Baru Siap 3 Tahun Kemudian

Band n78 merupakan band 5G NR yang saat ini paling banyak dijadikan acuan di seluruh dunia. Ada kemungkinan band ini pula yang akan digunakan untuk penggelaran awal 5G pada 2019. Karena itu, band n78 dipandang memiliki nilai komersial tinggi.

Sebelumnya, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari GizmoChina, Selasa (28/8/2018), pada Mei lalu, Oppo telah mendemonstrasikan panggilan video call 5G pertama di dunia dengan teknologi 3D structured light.

Kecepatan transmisi yang dicatat ketika itu mencapai 1,46 Gbps untuk downlink dan 160 Mbps untuk uplink.

Kini, setelah sukses melakukan uji coba di perangkat komersil yang beredar di pasaran, waktu kemunculan perangkat 5G pertama dari Oppo mungkin tak lama lagi. Pihak Oppo sendiri pernah berjanji bakal menjadi salah satu brand pertama yang merilis smartphone 5G ke pasaran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Gizmochina
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com