Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Facebook Watch Kini Tersedia di Seluruh Dunia

Kompas.com - 30/08/2018, 10:26 WIB
Fatimah Kartini Bohang,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pada Agustus 2017, Facebook meluncurkan platform video bertajuk “Watch” secara eksklusif di Amerika Serikat. Layanan yang dibuat untuk menyaingi YouTube tersebut kini tersedia secara global untuk seluruh pengguna di mana pun.

Perilisan global ini menyusul antusiasme netizen AS yang diklaim positif. Setiap bulan, lebih dari 50 juta orang menonton video di Watch setidaknya selama satu menit.

“Sejak awal 2018, durasi pengguna menonton video di Watch meningkat sekitar 14 kali lipat,” begitu tertera pada situs resmi Facebook Newsroom yang dikutip KompasTekno, Kamis (30/8/2018).

Meski mulanya dibuat sebagai pesaing YouTube, Facebook Watch sejatinya juga bisa menggeser kemapanan video on-demand, semacam Netflix dan Hulu. Pasalnya, layanan Watch juga menyediakan tayangan orisinal yang didanai langsung oleh Facebook.

Jenis tayangannya beragam, mulai dari serial, reality show, komedi, dan siaran langsung olahraga. Beberapa yang populer di AS saat ini antara lain Red Table Talk, Huda Boss, dan Major League Baseball.

Secara garis besar, ada empat fungsi yang diakomodir Facebook Watch.

Pertama, sebagai tempat untuk mencari video-video baru sesuai ketertarikan pengguna melalui linimasi yang terpersonalisasi.

Pengguna bisa membuat watchlist yang berisi koleksi video-video baru dari Page yang diikuti. Untuk modifikasi lebih lanjut, pengguna bisa mengikuti lebih bayak Page atau menghapus Page tertentu dari watchlist.

Kedua, sebagai wadah kreatif bagi kreator konten video dan perusahaan yang ingin menarget audiens mereka dan membangun komunitas aktif. Interaksi antara audiens dengan kreator konten atau perusahaan bersifat dua arah, layaknya di jejaring sosial Facebook.

Ketiga, sebagai tempat untuk menyimpan video-video menarik yang tak sempat ditonton. Ketika pengguna melihat video di linimasa yang menarik perhatian tetapi tengah mengerjakan sesuatu, video itu bisa disimpan untuk ditonton lain waktu.

Keempat, berpartisipasi lebih dalam ke video. Facebook tengah membangun pengalaman video yang meletakkan pengguna sebagai komponen penting untuk mengarahkan bentuk konten. Hal ini belum dijelaskan mekanismenya lebih lanjut.

Untuk saat ini, pengguna diberi pengalaman menonton video yang menyenangkan dengan adanya program “Watch Parties, Premier, serta acara game trivia semacam “Confetti”.

Membawa Watch ke ranah global artinya menjadi kesempatan baru bagi kreator di seluruh dunia. Facebook mengekspansi program “Ad Breaks” di mana kreator bisa menghimpun duit dari video mereka. Untuk selengkapnya soal monetisasi ini bisa dicek di laman berikut.

Untuk mengakses Watch di iOS dan Android, Anda bisa menggulir di opsi “More” atau menu tiga garis. Di situ Anda bakal melihat opsi “Watch”, lalu tekan untuk merasakan pengalaman penjajalan platfrom khusus video.

Anda juga bisa menemukan opsi Watch di Apple TV, Samsung Smart TV, Android TV, Xbox One, dan OculusTV. Selamat mencoba!

Baca juga: Facebook Hapus Postingan Twitter di Linimasa

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com