Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Fitur Baru Instagram untuk Tingkatkan Keamanan Pengguna

Kompas.com - 30/08/2018, 13:13 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Aplikasi berbagi foto dan video, Instagram mengumumkan tiga fitur baru yang berorientasi untuk meningkatkan keamanan pengguna.

Salah satu fiturnya bisa membantu pengguna menangkal akun abal-abal yang mengatasnamakan tokoh atau organisasi ternama.

Berikut tiga fitur baru Instagam tersebut, seperti dirangkum dari pernyataan resmi perusahaan yang diterima KompasTekno, Kamis (30/8/2018).

1. Fitur "Tentang Akun Ini"

Fitur Tentang Akun Ini di InstagramInstagram Fitur Tentang Akun Ini di Instagram

Fitur pertama adalah "About This Account" (Tentang Akun Ini). Sesuai namanya, fitur ini akan menampilkan beberapa infromasi tambahan dari akun-akun yang memiliki banyak follower (pengikut).

Tujuannya adalah untuk memberikan kepastian apakah akun tersebut valid atau tidak. Terutama jika merujuk ke akun tokoh publik, akun politik maupun gerakan sosial.

Informasi yang terpampang kurang lebih hampir mirip dengan infromasi akun yang ada di Twitter dan Facebook, yakni kapan mulai bergabung di Instagram, negara asal pembuat akun, perubahan nama pengguna selama setahun belakang, iklan yang tengah dijalankan akun, serta informasi follower pengguna yang juga mengikuti akun tersebut.

Fitur ini akan mulai bergulir bulan September secara global. Pengguna yang memiliki jumlah follower besar bisa mulai meninjau informasi tentang akun mereka, sebelum informasi itu dibagikan ke publik.

Untuk melihat informasi akun, klik ikon titik tiga yang ada di pojok kanan, lalu pilih opsi "tentang akun ini", lantas informasi akun akan muncul.

2. Pengajuan akun centang biru

Cara baru pengajuan akun verifikasi InstagramInstagram Cara baru pengajuan akun verifikasi Instagram

Fitur kedua adalah pengajuan centang biru (verified account) yang lebih mudah. Semua akun yang memenuhi ketentuan layanan dan pedoman komunitas Instagram, bisa mengajukan lencana biru.

Caranya, buka menu profil, kemudian pilih "setting" dengan ikon gerigi dan pilih "minta verifikasi". Setelahnya, pengguna harus mengisi formulir yang terdiri dari username, nama lengkap, dan lampiran dari identitas resmi atau bisnis.

Pengajuan verifikasi tidak serta merta langsung disetujui. Instagram akan meninjau terlebih dahulu akun yang telah diajukan. Beberapa poin peninjauan meliputi keaslian, apakah mewakili orang asli, bisnis, dan entitas terkenal yang sebenarnya atau tidak.

Baca juga: Instagram Permudah Pengajuan Centang Biru

Poin berikutnya adalah kelengkapan, seperti pengaturan akun publik (public account), bio, foto profil, dan minimal satu postingan.

Terakhir, Instagram akan meninjau kelayakan atas keterwakilan individu, brand, atau entitas terkenal yang kerap dicari orang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com