Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Twitter Bikin Daftar Akun yang Layak Di-unfollow

Kompas.com - 30/08/2018, 14:49 WIB
Yudha Pratomo,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber slate.com

KOMPAS.com - Meski jumlahnya ratusan atau bahkan ribuan, tak semua akun Twitter yang kita ikuti berinteraksi dengan kita. Untuk itu, Twitter kabarnya tengah menyiapkan sebuah fitur yang merekomendasikan akun-akun yang layak untuk di-unfollow.

Dikutip KompasTekno dari Slate, Kamis (30/8/2018), fitur ini dihadirkan sebagai pelengkap dari fitur sebelumnya. Sebagaimana kita ketahui Twitter memang sudah memiliki "Who to Follow" yang merekomendasikan akun-akun yang layak untuk diikuti pengguna.

Fitur rekomendasi unfollow ini nantinya akan melihat seberapa jauh kita berinteraksi atau memperhatikan kicauan-kicauan akun yang bersangkutan. Jika ternyata kita abai dan tak begitu mempedulikan kicauan akun tersebut, maka Twitter akan merekomendasikan untuk diunfollow.

Lewat pernyataan resminya, Twitter pun mengonfirmasi kabar ini. Mereka mengatakan memang tengah melakukan serangkaian ujicoba sebelum dirilis secara massal untuk semua pengguna.

Baca juga: Facebook Hapus Postingan Twitter di Linimasa

"Kami tahu bahwa orang menginginkan linimasa Twitter yang relevan. Salah satu cara untuk mendapatkannya adalah dengan berhenti mengikuti orang yang tidak berinteraksi dengan mereka secara teratur," ungkap pihak Twitter.

"Kami menjalankan pengujian yang sangat terbatas untuk memunculkan akun tertentu untuk dicek apakah mereka ingin berhenti mengikuti atau tidak," lanjut mereka.

Beberapa pengguna Twitter pun melaporkan telah menemukan fitur ini. Pada fitur tersebut, Twitter memberi beberapa rekomendasi orang-orang atau akun yang layak untuk di-unfollow.

"Orang-orang yang layak untuk di-unfollow? Terima kasih Twitter," ungkap akun @TimFerholz seraya menyertakan cuplikan gambar fitur tersebut. 

KompasTekno sendiri belum mendapati keberadaan fitur ini di beberapa akun yang kami cek. Artinya, ujicoba fitur ini memang sangat terbatas untuk pengguna tertentu yang memenuhi syarat dari Twitter. 

Secara teori, fitur ini tentu akan sangat membantu pengguna untuk menyaring siapa saja akun-akun yang relevan untuk diikuti sesuai dengan minat pengguna. Kendati Twitter belum mengungkapkan kapan fitur ini akan dirilis secara massal untuk seluruh pengguna.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber slate.com

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com