Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Fitur Baru Smartphone yang Menuai Keluhan

Kompas.com - 30/08/2018, 20:02 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber quora

KOMPAS.com - Beberapa tahun belakangan, desain smartphone tampak seragam. Jika pun ada inovasi yang diperkenalkan salah satu vendor, maka vendor lain akan mengekor dan menjadi tren baru.

Desain layar "notch" misalnya. Sejak diperkenalkan oleh Apple di iPhone X akhir 2017 lalu, ada banyak vendor smartphone Android yang ikut-ikutan menggunakan desain layar "poni" tersebut dalam kurun waktu kurang dari setahun.

Nyatanya, tidak semua pengguna Android senang dengan inovasi yang ditawarkan. Berikut fitur-fitur yang menjadi tren di smartphone, namun tetap dikeluhkan dan membuat jemu pengguna setianya.

1. Hilangnya colokan jack audio 3,5 mm

Ketika pertama kali Apple meluncurkan iphone 7 tanpa colokan audio jack 3,5mm, Apple menuai banyak cacian. Namun ternyata, banyak juga vendor yang mengikuti jejak Apple untuk menanggalkan colokan jack audio.

Tak hanya ikuti tren, kebanyakan pabrikan memilih opsi tersebut atas pertimbangan desain. Tanpa colokan jack audio, bodi ponsel akan semakin ramping, ruang untuk kapasitas baterai semakin luas, dan semakin mudah membuatnya anti-air.

Baca juga: iPhone 7 dan 7 Plus Diresmikan, Anti-air dan Nihil Colokan Audio

Alasan ekonomis juga dipertimbagkan, di mana produsen juga menjual headphone nirkabel atau USB type C secara terpisah. Dengan demikian, pengguna harus membeli adaptor lagi untuk memasang perangkat audio di ponselnya, jika memilih tidak menggunakan koneksi wireless.

2. Baterai tanam

Ponsel kekinian banyak mengusung desain unibodi, di mana baterai tertanam di bodi perangkat. Hal itu mengakibatkan pengguna tidak bisa seenaknya mengganti baterai perangkat.

Desain non-removable kemungkinan cocok bagi mereka yang mengutamakan desain ponsel ramping nan kokoh. Namun bagi pengguna yang ingin memiliki ponsel awet bertahun-tahun, ini bukan opsi menyenangkan.

Baterai menjadi salah satu komponen yang cepat terdegradasi. Seiring penggunanya dari waktu ke waktu, kemampuan baterai akan tergerus. Dengan menanamkannya di perangkat, otomatis pengguna tidak bisa menggantinya dengan mudah.

Harga penggantian baterai resmi pun akan sangat mahal jika lewat masa garansi. Walhasil, pengguna "terpaksa" mengganti smartphone model baru jika sudah tidak puas dengan performa baterai, dan mengikuti permainan vendor.

3. "Notch" atau layar poni

Seperti hilangnya colokan headphone jack 35mm di iPhone 7, kala Apple memperkenalkan iPhone X dengan desain "notch" atau poni, hujatan juga banyak menghampiri. Namun "cacian" tersebut kembali menjadi tren baru.

Hanya dalam kurun setahun, banyak vendor Android menelurkan ponsel poni mereka. Layar "poni" seakan menjadi sinonim ponsel premium sekelas iPhone X seharga belasan juta rupiah. Tapi, banyak pula pengguna yang terganggu dengan takik yang menjorok di layar bagian itu.

Baca juga: Deretan Ponsel Android yang Tiru Poni Layar iPhone X

Beberapa menganggap "notch" mengganggu keindahan layar dan memaksa software aplikasi serta sistem operasi untuk mengakali antarmuka dengan tepat tanpa terpotong. Seperti yang dilakukan YouTube, yang harus mengakali notch dengan latterboxing (garis hitam di layar) untuk menyesuaikan aspek rasio unik 19,5:9 milik iPhone X.

4. Bezel-less dan layar lengkung

Alasan satu ini bisa jadi sangat subyektif jika dilihat dari banderol harga. Semakin tipis bingkai (bezel) yang tersisa, maka display akan semakin luas dan tentu akan meningkatkan biaya produksi panel.

Apalagi jika mengadopsi curved display alias layar dengan pinggiran melengkung seperti Samsung Galaxy S series. Dari pengamatan KompasTekno di forum Quora, Rabu (29/8/2018), masih ada beberapa pengguna yang tidak keberatan dengan bezel tebal di tepian display.

Namun jika menilik dari peforma, desain bezel-less bisa dibilang cukup mendongkrak kualitas layar. Apalagi dengan layar lengkung, kualitas pengalaman multimedia penggunanya juga akan terdongkrak. Layar lengkung juga mampu memberikan informasi aplikasi lebih banyak dibanding layar biasa.

5. Bodi ponsel yang semakin ramping

Soal desain, ponsel yang tipis memang bukan persoalan. Tapi jika dilihat dari materialnya, beberapa pengguna kurang menyukainya. Sebagian pengguna smartphone menyalahkan bahan aluminium kualitas rendah yang banyak digunakan pabrikan smartphone.

Alasanya, material tersebut disebut lebih ringan dibanding bahan baja dan tidak mudah pecah layaknya bahan kaca. Namun kekuatannya juga tidak akan sebanding dengan bahan baja.

Poin selanjutnya (6-10) bisa dibaca di halaman berikutnya...

Baca juga: Inikah Wajah Galaxy Note 8, Rangka Tipis Tanpa Tombol Fisik?

Halaman:
Sumber quora
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com