Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rahasia Game "Doom II" Terungkap setelah 24 Tahun

Kompas.com - 03/09/2018, 17:03 WIB
Oik Yusuf,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Kotaku

KOMPAS.com - Game Doom II telah berumur puluhan tahun semenjak pertama dirilis pada 1995. Namun, salah satu pelopor genre first person shooter ini ternyata masih menyimpan rahasia yang baru belakangan saja terungkap.

Rahasia tersebut ada di level 15 game Doom II dan berupa teleport pad. Selama ini ia dianggap sebagai “bug” lantaran teleport pad tidak bisa dipicu (trigger) oleh pemain.

Ternyata, sebagaimana dirtemukan oleh seorang pemain dengan nama akun Zero Master di YouTube, rahasia yang bersangkutan memang tidak bisa di-trigger dengan cara biasa, melainkan harus dengan mekanisme khusus.

Caranya sederhana saja, yakni dengan membiarkan karakter pemain didorong oleh musuh dengan jarak sangat dekat.


Tulisan “A secret is revealed!’ yang menandakan bahwa rahasia sudah ditemukan pun muncul di layar dan Zero Master akhirnya berhasil mencapai angka penyelesaian secrets sebanyak 100 persen di level 15 Doom II, setelah selama bertahun-tahun angka ini selalu mentok di 90 persen.

Baca juga: Dioprek, Touch Bar MacBook Pro Bisa Jalankan Game Doom

Salah satu pencipta seri game Doom, John Romero, dengan senang hati menyatakan bahwa rahasia terakhir dari game Doom II telah terungkap.

“Selamat untuk Zero Master! Akhirnya, setelah 24 tahun!” ucap Romero dalam sebuah tweet, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Kotaku, Senin (3/8/2018). Romero turut menjelaskan mekanisme untuk memicu secret yang bersangkutan dalam kicauannya.

Zero Master merekam proses pemecahan rahasia itu dalam sebuah video yang diunggah di YouTube. Rahasia dimaksud terpicu pada menit ke 3.05 saat karakter didorong oleh Pain Elemental.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Kotaku



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com