Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kronologi Tabrakan Perdana Mobil Tanpa Sopir Buatan Apple

Kompas.com - 04/09/2018, 11:57 WIB
Oik Yusuf,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber The Verge
KOMPAS.com - Sejumlah perusahaan teknologi Silicon Valley sedang sibuk mengembangkan teknologi mobil otonomos yang bisa menyetir sendiri. Demikian pula dengan Apple yang mobil otonomosnya dua pekan lalu wira-wiri di daerah Sunnyvale, California, AS dalam rangka pengujian. 
 
Malang, ketika itu sang mobil tanpa sopir mengalami kecelakaan untuk pertama kalinya. Menurut laporan kejadian dari California Department of Motor Vehicles, mobil otonomos Apple ditabrak dari belakang ketika hendak memasuki Lawrence Expressway dari jalan lain.
 
Si mobil Apple, sebuah SUV Lexus RX450h yang dijejali aneka peralatan khusus, sedang berjalan sangat pelan dengan kecepatan hanya 1 mil per jam (sekitar 1,6 km per jam). Sementara mobil penabraknya, sebuah Nissan Leaf, pun tak sedang ngebut dengan kecepatan sekitar 15 mil per jam (24 km per jam).
 
Kedua mobil tak urung mengalami kerusakan. Untungnya, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Verge, Selasa (4/9/2018), tidak ada orang yang cidera dalam kejadian tersebut. Pemicu kejadian disimpulkan merupakan kelalaian manusia.
 
Menariknya, banyak perusahaan pengembang mobil otonomos melaporkan kejadian serupa, di mana mobilnya ditabrak dari belakang oleh kendaraan yang dikemudikan sopir manusia. Entah apa sebabnya, yang jelas, mobil-mobil swakemudi itu sedang berjalan pelan atau berhenti ketika ditabrak.
 
"Salah satu kemungkinannya adalah mobil-mobil (otonomos) ini tidak mengemudi dengan cara yang sama dengan manusia," ujar Phil Koopman, seorang profesor dan engineer dari universitas Carnegie Mellon yang menjadi konsultan perusahaan-perusahaan pengembang mobil otonomos.
 
"Lalu, kalau cara mobil otonomos mengemudi berbeda, ekspektasi orang-orang (pengemudi manusia) bisa salah," lanjut Koopman.
 
Para pengembang software mobil otonomos mungkin perlu sedikit meniru perilaku pengendara manusia di jalanan agar tak terlihat aneh.

Baca juga: Video Detik-Detik Mobil Tanpa Sopir Uber Tabrak Pedestrian hingga Tewas

 
Buat Apple sendiri, kecelakaan itu hanya merupakan satu batu sandungan dalam upayanya mengembangkan mobil otonomos. Pada Januari lalu, Apple diketahui menguji 27 mobil otonomos di California. Pada Maret, jumlah tersebut ditambah sebanyak 18 buah.
 
Apple juga bekerjasama dengan pabrikan mobil Jerman, Volkswagen, dalam membuat armada bus otonomos untuk mengantar para pegawainya ke kantor di Cupertino.
 
Rumor yang beredar menyebutkan bahwa tujuan akhir Apple adalah memproduksi mobil listrik dengan software otonomos buatan sendiri dalam program bernama "Project Titan". Perusahaan berlambang buah tergigit itu masih belum mengungkapkan visi masa depannya terkait pengembangan mobil otonomos.

Baca juga: Taksi Tanpa Sopir Sudah Bisa Dijajal di Singapura

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com