Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengumuman Penting bagi Pemilik Galaxy Note 5 dan S6 Edge Plus

Kompas.com - 06/09/2018, 19:48 WIB
Oik Yusuf,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber SamMobile

KOMPAS.com - Samsung mulai meninggalkan perangkat-perangkat smartphone flagship lawas bikinannya. Terakhir, Galaxy S6 Edge Plus dan Galaxy Note 5 keluaran 2015 didepak dari daftar penerima update sekuriti Android bulanan.

Hal tersebut diketahui setelah nama Galaxy S6 Edge Plus dan Galaxy Note 5 tak lagi ditemukan dalam daftar yang dimuat dalam situs resmi Samsung itu. 

Dengan demikian, kedua perangkat tak akan lagi mendapat security patch bulanan. Update sekuriti terakhir Galaxy S6 Edge Plus dan Note 5 adalah untuk bulan Agustus 2018 yang dirilis beberapa pekan lalu.

Galaxy S6 Edge Plus dan Note 5 menyusul nasib Galaxy S6 dan Galaxy S6 Edge yang telah lebih dulu tak menerima update lagi mulai Maret tahun ini.

Baca juga: Ini Jadwal Update Android Oreo untuk Ponsel Menengah Samsung

Samsung sendiri memang hanya menjanjikan dukungan software selama dua tahun. Jadi, tak mengherankan jika Galaxy S6 Edge Plus dan Note 5 yang sudah berumur tiga tahun mengalami penyetopan update. Dua flagship tua tersebut sudah mendapat "perpanjangan nafas" selama setahun. 

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari SamMobile, Kamis (6/9/2018), masih terbuka kemungkinan Galaxy S6 Edge Plus dan Note 5 menerima patch kalau ditemukan celah keamanan kritis yang butuh segera ditambal. 

Namun, update macam itu agaknya bersifat case by case, sehingga tidak disalurkan secara rutin, hanya kalau perlu saja. Itu pun kalau ada. Soal update fitur baru juga tidak akan muncul, karena waktu Galaxy S6 Edge Plus dan Note 5 untuk menerima pembaruan fitur sudah lama lewat. 

Perangkat flagship lain dari Samsung yang lebih baru dari Galaxy S6 Edge Plus dan Note 5, berikut beberapa model papan tengah, masih akan mendapat update sekuriti bulanan. Selengkapnya bisa dilihat di laman berikut ini. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber SamMobile
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com