Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aplikasi Populer Dihapus dari Toko Mac App Store

Kompas.com - 10/09/2018, 09:46 WIB
Oik Yusuf,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber BuzzFeed

KOMPAS.com - Adware Doctor adalah aplikasi MacOS populer yang mengklaim bisa “mencegah infeksi malware dan file berbahaya di komputer Mac” penggunanya. 

Ironisnya, aplikasi sekuriti tersebut ternyata justru melanggar privasi dengan mengumpulkan history browsing pengguna secara diam-diam tanpa persetujuan.

Apple belakangan dilaporkan segera menghapus Adware Doctor dari toko aplikasi Mac App Store.

Pencurian data oleh Adware Doctor pertama kali diungkapkan oleh peneliti keamanan Patrick Wardle dan Privacy 1st. Wardle mengatakan bahwa Adware Doctor meminta akses ke home directory dan berkas pengguna. 

Akses tersebut kemudian dipakai mengumpulkan data browsing dari peramban Chrome, Safari, atau Firefox. Data ini lantas dikompres dalam file bernama “history.zip” dan dikirimkan ke China. 

Masalahnya, meski diberikan akses ke home directory dan berkas, Adware Doctor tidak menerangkan keperluannya adalah untuk mengumpulkan data browsing pengguna. 

Aplikasi ini diam-diam telah mencuri data browsing pengguna, mungkin selama bertahun-tahun,” tulis Wardle dalam sebuah posting di blognya.

Adware Doctor pun melanggar kebijakan Apple soal privasi sehingga pada pekan lalu dihapus dari Mac App Store, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Buzzfeed, Senin (10/9/2018). Apple tidak berkomentar lebih jauh mengenai penghapusan aplikasi dimaksud.

Sebelum dihapus, Adware Doctor yang merupakan aplikasi berbayar seharga 5 dollar AS sempat masuk dalam 5 besar urutan aplikasi berbayar terpopuler di Mac App Store. Tak jelas apakah para pengguna yang kadung membelinya akan dapat pengembalian uang atau tidak.

Untuk mencegah pencurian data macam ini terulang kembali, MacOS versi berikutnya, Mojave, bakal melindungi konten history dan cookies browser macam Safari supaya tidak bisa diakses aplikasi lain. 

Baca juga: Ini Alasan Komputer Mac Jarang Kena Virus

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BuzzFeed
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com