Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jack Ma Masih Pimpin Alibaba sampai September 2020

Kompas.com - 10/09/2018, 12:33 WIB
Oik Yusuf,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Hari ini, bertepatan dengan ulang tahun ke-54 dari pendirinya, Jack Ma, Alibaba Group Holding Limited mengumumkan rencana suksesi kepemimpinan di perusahaan.

Chief Executive Officer Daniel Zhang akan menggantikan Ma sebagai Chairman of the Board Alibaba Group dalam waktu satu tahun ke depan. Tepatnya, Zhang akan menggantikan Jack pada 10 September 2020.

Dalam masa transisi selama 12 bulan, Jack Ma akan terus menjabat sebagai Executive Chairman untuk memuluskan proses transisi kepemimpinan kepada Daniel Zhang.

“Setelah itu, saya akan tetap berada dalam jajaran direksi Alibaba hingga Rapat Umum Pemegang Saham tahun 2020,” tulis Ma dalam salinan surat yang diterima oleh KompasTekno, Senin (10/9/2018).

Dengan kata lain, Ma belum akan meninggalkan Alibaba dalam waktu dekat. Namun peranannya di raksasa e-commerce China tersebut agaknya bakal dikurangi secara bertahap.

Transisi kepemimpinan seperti ini bukan hal baru di Alibaba. Pada 2013, Jack Ma telah mundur dari kegiatan operasional harian saat posisinya berubah dari CEO menjadi Chairman.

Dalam suratnya, Jack Ma menerangkan telah merencanakan suksesi kepemimpinan perusahaan selama 10 tahun terakhir sebelum akhirnya diumumkan.

Ma yang pernah berprofesi sebagai guru mengaku ingin memupuk para talenta muda di Alibaba untuk kelak mengambil alih peran-peran kepemimpinan.

Zhang sendiri telah bergabung di Alibaba Group selama 10 tahun. Semenjak Zhang menjabat sebagai CEO, ujar Ma, Alibaba mencatat pertumbuhan berkelanjutan selama 13 triwulan berturut-turut.

Zhang pun dinilai telah mendapat kepercayaan dari segenap pelanggan, karyawan dam pemegang saham Alibaba sehingga layak mendapat operan tongkat kepemimpinan di perusahaan.

Baca juga: Daniel Zhang Gantikan Jack Ma Pimpin Alibaba, Ini Profilnya

Ke depan, selain menjalankan perannya sebagai pendiri program kemitraan Alibaba (Alibaba Partnership), Ma berencana kembali menekuni dunia pendidikan yang disenanginya.

“Alibaba bukanlah Jack Ma, tapi Jack Ma akan selamanya menjadi bagian dari Alibaba,” pungkas Ma dalam suratnya.

Baca juga: Kisah Jack Ma, Orang Terkaya Kedua di China Pemilik Alibaba.com

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com