Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ponsel Bersensor Sidik Jari di Layar Vivo V11 Pro Resmi Masuk Indonesia

Kompas.com - 12/09/2018, 14:09 WIB
Yudha Pratomo,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak mau ketinggalan dengan para pesaingnya, Vivo resmi memboyong dua ponsel teranyar ke Indonesia. Salah satunya adalah Vivo V11 Pro yang menjadi ponsel pertama di Indonesia dengan teknologi sensor sidik jari di bagian layar.

Menurut James Wei, CEO Vivo Indonesia, ponsel Vivo V11 Pro yang memiliki teknologi sensor sidik jari di layar itu menjadi komitmen perusahaan yang ingin membawa teknologi terkini ke Indonesia. Pasalnya, Vivo sendiri mengklaim tengah berada di posisi empat besar vendor terlaris di Indonesia.

"Ini tahun ke-empat Vivo masuk ke Indonesia dan kami berada di peringkat empat besar smartphone Tanah Air. Oleh karena itu kami membawa perangkat ini ke Indonesia," ungkap James di atas panggung acara peluncuran di Jakarta, Rabu (12/9/2018).

Vivo V11 Pro

Vivo V11 Pro memiliki layar seluas 6,4 inci Super AMOLED dengan kerapatan 1080 x 2340 piksel. Ponsel ini mengusung aspek rasio 19,5:9 dan memiliki poni (notch) kecil di bagian atasnya.

Untuk sektor kamera, Vivo V11 Pro mengusung kamera ganda pada bagian belakang dengan besaran 12 megapiksel dan 5 megapiksel. Sedangkan untuk kamera selfie, Vivo V11 Pro mengandalkan lensa sebesar 25 megapiksel f/2.0 yang terbungkus oleh poni di bagian depan.

Baca juga: Sensor Sidik Jari Dalam Layar Smartphone Dimulai Vivo, Apakah Bakal Populer?

Seluruh kamera pada perangkat ini memiliki kemampuan kecerdasan buatan alias AI. Khusus untuk kamera depan, lensa ini bisa digunakan untuk face recognition.

Dapur pacu Vivo V11 Pro mengandalkan chip Snapdragon 660 sebagai otak. Prosesor ini dipadankan dengan RAM sebesar 6 GB dan kapasitas penyimpanan 64 GB yang bisa diekspansi lewat slot MicroSD hingga 256 GB.

Vivo V11 Pro saat peluncuran di Jakarta, Rabu (12/9/2018).KOMPAS.com/Gito Yudha Pratomo Vivo V11 Pro saat peluncuran di Jakarta, Rabu (12/9/2018).
Sebagai sumber daya, Vivo V11 Pro ditenagai oleh baterai kapasitas 3.400 mAh yang disertai dengan teknologi dual-engine fast charging. Baterai dengan kapasitas ini memang tergolong standar untuk sebuah ponsel pintar saat ini.

Vivo V11

Bersamaan dengan V11 Pro, Vivo juga memboyong V11 versi reguler. Secara desain, ponsel Vivo V11 tak jauh berbeda dengan versi Pro-nya. Ukuran layarnya yakni 6,3 inci dengan rasio layar sedikit lebih kecil, yaitu 19:9 yang juga memiliki notch di bagian atas.

Perbedaan yang paling mencolok ada pada sektor dapur pacu. Vivo V11 menggunakan chipset MediaTek Helio P60 dengan kecepatan 2 Ghz yang dipadankan dengan RAM 6 GB dan ROM 64 GB.

Kemudian di bagian pengamanan. Vivo V11 tidak menyematkan sensor sidik jari di bagian layar tetapi berada di bagian belakang, seperti ponsel pintar pada umumnya.

Fitur on-screen fingerprint sensor di layar Vivo V11.KOMPAS.com/Gito Yudha Pratomo Fitur on-screen fingerprint sensor di layar Vivo V11.
Bagian kamera pun sedikit berbeda, Vivo V11 mengusung kamera belakang ganda dengan resolusi 16 megapiksel dan 5 megapiksel. Sedangkan kamera depannya punya besaran sensor yang sama dengan versi Pro, yakni 25 megapiksel.

Kedua ponsel ini berjalan dengan sistem operasi Android 8.1 Oreo. Ada dua warna yang bisa dipilih pengguna, yakni Starry Black dan Nebula Blue.

Baca juga: Ini Spesifikasi dan Harga Vivo V11 Pro di Indonesia

Harga dan ketersediaan

Untuk harga, Vivo V11 Pro dibanderol harga Rp 5 juta sedangkan versi V11 reguler dibanderol harga sedikit di bawahnya, yakni Rp 4,5 juta.

Pre-order Vivo V11 Pro dan Vivo V11 sudah dapat dilakukan pada lima platform e-commerce di Indonesia, yakni Lazada, JD.ID, Shopee, Akulaku, dan Tokopedia mulai hari ini, Rabu (12/9/2018) hingga Rabu (19/9/2018).

Pada sesi pre-order, pembeli bisa mendapatkan promo bundling paket data Vivo V11 Pro dan Vivo V11 dengan operator IM3 (Indosat Ooredoo) yang memberikan pulsa senilai Rp 20.000 dan kuota tak terbatas untuk media sosial dan streaming Youtube selama satu tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com